Pembangunan Pasar Pekanbaru Bantuan Pusat Sesuai Target

id pembangunan pasar, pekanbaru bantuan, pusat sesuai target

Pembangunan Pasar Pekanbaru Bantuan Pusat Sesuai Target

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru menyatakan, realisasi pembangunan revitalisasi dua pasar tradisional di wilayahnya sesuai target yang direncanakan.

"Menjelang akhir Desember ini pembangunan sudah mencapai 93 persen," ujar Kabid Perdagangan Disperindag Pekanbaru, Masirba Sulaiman, di Pekanbaru, Senin.

Menurut Masirba, tahun 2015 ini Pekanbaru memperoleh dana bantuan revitalisasi pasar tradisional dari pemerintah pusat, yakni Pasar Limapuluh dan Rumbai.

"Pasar Limapuluh menggunakan bantuan kementerian, sedangkan Pasar Rumbau memakai dana alokasi khusus," ujarnya pula.

Dia menegaskan, pembangunan dan revitalisasi kedua pasar tersebut baru dimulai triwulan keempat, namun tetap bisa dipercepat penyelesaiannya sesuai target pengerjaan.

Memang diakuinya, pembangunan pasar itu belum bisa mencapai 100 persen pada tutup tahun anggaran ini.

Tetapi tim sudah mengusulkan sesuai aturan adanya perpanjangan waktu kerja hingga pertengahan Januari 2016 mendatang.

Menurut dia, perpanjangan waktu itu dapat diusulkan bagi pembangunan revitalisasi Pasar Limapuluh tahap I.

"Sudah diaddendum hingga pertengahan Januari 2016, jadi tidak jadi masalah pada proses penggunaan anggarannya," ujar Masirba pula.

Sedangkan pembangunan Pasar Rumbai, mengingat sifatnya penambahan los sudah bisa dituntaskan hingga akhir tahun ini.

"Pembangunan pasar Rumbai dari DAK sebesar kurang lebih Rp1,7 miliar," katanya lagi.

Sedangkan untuk pembangunan Pasar Limapuluh diperoleh dari dukungan anggaran Kementerian Perdagangan sebesar Rp10 miliar untuk tahap I.

Sebelumnya diberitakan, Pemkot Pekanbaru sebagai salah satu penerima bantuan program 1.000 pasar rakyat dari Kementerian Perdagangan RI untuk lima tahun mendatang.

"Pekanbaru selama lima tahun berturut-turut akan mendapat dana pembangunan pasar rakyat," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pekanbaru, Azwan.

Pihaknya sudah mendapatkan informasi langsung dari kementerian, agar mengajukan proposal pasar mana saja yang akan dibangun atau direvitalisasi.

Kementerian Perdagangan akan menganggarkan dana antara Rp8 miliar hingga Rp10 miliar untuk pembangunan atau revitalisasi pasar di Pekanbaru.

Disperindag dan Dinas Pasar Pekanbaru sudah melakukan rapat koordinasi untuk membuat konsep penetapan urutan pasar yang akan diusulkan dapat pembiayaan pembangunan dari dana tersebut.