Guru SMA Kampar Mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Internasional Ke Amerika

id guru sma, kampar mengikuti, pelatihan kepemimpinan, internasional ke amerika

Guru SMA Kampar Mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Internasional Ke Amerika

Bangkinang, Kampar (Antarariau.com) - Fidalia MR salah seorang guru SMA N 1 Kampar Utara berhasil lulus seleksi untuk mengikuti Pelatihan ke Amerika dalam program ILEP (Intenational Leaders Education Program) yang di adakan oleh AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation) perwakilan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Departemen Luar Negeri Amerika.

Saat menghadap Sekda Kampar, senin (28/12) di ruang kerjanya H Zulfan Hamid mengatakan sosok Fidalia ini merupakan salah satu contoh guru yang mampu bersaing dalam dunia pendidikan di Indonesia bahkan dunia.

”ini patut di contoh sebagai pemotivasi bagi guru-guru yang ada di Kabupaten Kampar, sebab Fidalia ini telah mengharumkan nama daerah karena hanya 66 orang guru di dunia yang mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan ini." ujar Zulfan.

Zulfan berharap nantinya setelah pulang dari pelatihan ini, Fidalia mampu memberikan ilmu-ilmu yang di dapat kepada guru-guru lain sehingga dunia pendidikan di Kabupaten Kampar dapat maju dan berkembang.

“untuk memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Kampar yang paling terpenting adalah komitmen dari seorang tenaga pendidik atau guru yang betul-betul fokus untuk memajukan dan mengembangkan setiap ilmu dan inovasi-inovasi baik itu kepada murid atau pun kepada sesama tenaga pendidik.” tegas Zulfan.

Zulfan juga berharap Fidalia dapat beradaptasi dengan situasi dan keadaan di Amerika karena mulai dari cuaca, budaya dan tradisi serta aturan kehidupan disana sangat berbeda.”jaga diri serta tetap pada budaya ketimuran kita," himbaunya.

Fidalia mengatakan bahwa dari seluruh dunia, ada 66 orang terpilih untuk mengikuti pelatihan ini sedangkan untuk Indonesia hanya 5 orang yang lulus tes seleksi. “pada awalnya 150 orang yang mengikuti tes yakni tes administrasi kemudian hanya 18 orang yang lulus, kemudian dilakukan penyaringan kembali melalui tes ke 2 (interview), dari 18 tersebut hanya lima yang lulus yakni Kampar, Padang, Medan, Jambil dan Lombok.” ujar guru kelahiran Kuok ini.

Dalam perjalanan nantinya lanjut Fidalia, jadwal keberangkatannya pada tanggal 3 Januari 2016, sedangkan keberangkatan menunju Amerika akan dilaksanakan pada tanggal 5 Januari 2016 melalui Negara Jepang dan akan pulang pada tanggal 10 Mei 2016. “ setelah tiba disana rencananya dari 5 yang lulus tersebut akan di latih secara terpisah, 3 orang akan berada di O Hio dan 2 orang lagi di Arizona Amerika”tutur seorang guru yang masih single dan mudah tersenyum serta ramah ini.

Ia juga meminta doa dari seluruh masyarakat terutama para guru agar nantinya pulang dengan selamat dan membawa segudang ilmu yang nantinya akan dituangkan atau diterapkan ke dunia pendidikan di Kabupaten Kampar dalam memajukan pendidikan di negeri serambi mekahnya Riau ini.

(adv)

Pewarta :
Editor: Netty Mindrayani
COPYRIGHT © ANTARA 2015