PTPN V Bantu UKM Pekanbaru Rp17 Miliar

id ptpn v, bantu ukm, pekanbaru rp17 miliar

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Semenjak 19 tahun ini, PTPN V sudah menyalurkan dana bantuan sekitar Rp 17 milyar bagi permodalan Usaha Kecil Mikro (UKM) yang ada di Pekanbaru.

"Bantuan terakhir dana kemitraan PTPN V dipenghujung tahun 2015 ini diberikan kepada 11 UKM Pekanbaru," ungkap Kepala Bagian Umum A. Badran Zai, Selasa, usai penyerahan yang digelar di Gedung Serba Guna Jalan Rambutan No. 43 Pekanbaru.

Ia menjelaskan sebagai perusahaan yang peduli terhadap lingkungannya, PTP V sudah memulai kemitraan dengan UKM Pekanbaru semenjak tahun 1996 hingga kini.

"Selama 19 tahun jumlah donasi yang PTP V salurkan khusus UKM Pekanbaru Rp 17.292.000.000," teranya.

Dengan demikian pula tiap tahun jumlah UKM yang telah menjadi mitra kerja terus bertambah hingga kini sudah tercatat 961.

Disebutkan Badran, Program Kemitraan adalah bantuan dana bergilir dan bergulir bagi pengembangan UKM di wilayah kerja, yang bersumber dari penyisihan laba bersih perusahaan tahun sebelumnya.

"Ini kami berikan guna meningkatkan kemampuan usaha dari penerima bantuan. Selain sebagai pemenuhan peraturan Perundang-undangan, diantaranya Permen BUMN No. 09/MBU/07/2015 tentang PKBL di BUMN," bebernya.

Atau dia mengistilahkan, pemberian dana kemitraan adalah suatu kegiatan memberikan kail kepada pengusaha kecil bukan ikan.

Dengan memberikan modal atau kailnya, bukan ikannya, kami harapkan UKM mitra perusahaan ini, akan dapat mengembangkan usahanya secara tangguh dan mandiri. Sehingga seperti harapan kita semua, kesejahteraan dapat meningkat dan berkesinambungan," tuturnya.

Lebih lanjut ia menyatakan UKM-UKM yang menjadi mitra perusahaan selama ini juga beragam. Terbagi dalam beberapa sektor usaha.

Ada sektor industri, perdagangan, pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan dan jasa," tambahnya.

"Kami berharap, UKM-UKM yang ada di Pekanbaru, dapat menjadi katalisator perekonomian yang mumpuni di daerahnya sendiri," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pekanbaru Ingot Achmad Hutasuhut, menyebutkan 11 orang UKM yang menerima bantuan program kemitraan terdiri atas 5 di sektor perdagangan, 4 UKM jasa, dan 2 perikanan.

"Dengan total bantuan Rp260 juta," ujarnya.

Kadiskop Kota Pekanbaru berpesan, kepada UKM penerima dapat memanfaatkan dana bantuan dengan sebaik mungkin.

"Kepada para penerima bantuan, kami himbau untuk dapat memanfaatkan pinjaman ini untuk pengembangan usahanya dengan bijak, serta mengembalikan cicilannya tepat waktu sesuai perjanjian yang ada. Sebab masih banyak yang membutuhkan program ini. Intinya agar program ini dapat bergilir dan bergulir dengan optimal," imbuhnya.