Disdikbud Siapkan Kartu Riau Cerdas Penerima Beasiswa

id disdikbud siapkan, kartu riau, cerdas penerima beasiswa

Disdikbud Siapkan Kartu Riau Cerdas Penerima Beasiswa

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Riau bekerjasama dengan Bank Riau Kepulauan Riau akan menyiapkan Kartu Riau Cerdas bagi penerima bantuan beasiswa yang akan diberikan oleh pemerintah daerah setempat.

"Semua sistem beasiswa nantinya akan memperoleh kartu yang sedang dirancang Bank Riau Kepri. Namanya Kartu Riau Cerdas," kata Keala Disdikbud Riau, Kamsol di Pekanbaru, Rabu.

Dia menjelaskan bahwa kartu ini berbeda dengan Kartu Indonesia Pintar dari Pemerintah Pusat. Tujuan bantuannya juga berbeda baik itu KIP maupun program Bantuan Operasional Sekolah.

Kartu Riau Cerdas, menurutnya bukanlah beasiswa untuk keperluan sekolah seperti BOS ataupun bebas biaya iuran sekolah seperti KIP. Akan tetapi Riau cerdas itu adalah pemberian beasiswa operasional siswa penerima.

Contohnya bantuan untuk seragam sekolah, bantuan transportasi bagi siswa berjarak jauh, biaya hidup untuk mahasiswa berprestasi, dan lainnya. Selain itu juga bagi yang putus sekolah untuk kembali melanjutkan pendidikan baik formal maupun non-formal.

"Persoalan sekarang bukan lagi biaya pendidikan dan sekolah karena sudah ditanggung BOS. Persoalannya baju sekolah, jarak yang jauh, dan biaya hidup," ungkapnya.

Hal itu, kata dia, dilakukan dalam rangka meningkatkan kuantitas dan kualitas pendidikan. Khususnya untuk menururunkan angka putus sekalah di Riau yang kembali meningkat.

"Jadi kita mengajak mari sekolah kembali, kita sediakan fasilitas. Kalau tidak bisa sekolah formal, kita sediakan sekolah non formal. Kita sediakan baik untuk keterampilannya atau sekolahnya kalau mau ambil Paket A dan C," urainya.

Untuk merealisasikan itu, pihaknya terlebih dahulu akan mendata sebanyak-banyaknya angka putus sekolah di Riau. Kartu itu sendiri nantinya akan masuk dalam anggaran beasiswa bantuan siswa miskin.