Jadi Pengunjung Perdana Candi Borobudur, Kejutan Inilah Yang Didapatkan Wisatawan

id jadi pengunjung, perdana candi, borobudur kejutan, inilah yang, didapatkan wisatawan

Jadi Pengunjung Perdana Candi Borobudur, Kejutan Inilah Yang Didapatkan Wisatawan

Magelang, (Antarariau.com) -Sebanyak empat pengunjung perdana Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, pada Tahun Baru 2016, Jumat, dikirab dengan naik empat ekor gajah milik Taman Wisata Candi Borobudur.

Keempat wisatawan yang masuk pertama "maingate" tersebut, yakni untuk wisatawan mancanegara dua orang dari Amerika Serikat, sedangkan wisatawan nusantara dari Pekalongan dan Cilacap.

Selain diberi kesempatan untuk naik gajah secara gratis, mereka juga mendapat suvenir dan kalungan bunga dari pengelola Taman Wisata Candi Borobudur.

Keempat wisatawan tersebut dikirab naik gajah dari "maingate" hingga pelataran mendekati tangga masuk Candi Borobudur. Gajah yang dikendalikan oleh pawangnya tersebut berjalan berurutan yang diawali dengan kesenian tradisional dari Sanggar Joyowiyatan dari Tingal Kulon, Borobudur.

Salah satu pengunjung perdana Candi Borobudur 2016, Atminah dari Cilacap mengaku senang bisa naik gajah secara gratis. "Saya tidak menduga dapat kejutan bisa naik gajah, yang belum pernah saya lakukan sebelumnya," katanya.

Kepala Unit Taman Wisata Candi Borobudur Chrisnamurti Adiningrum mengatakan memberikan aspirasi bagi pengunjung pertama pada 2016 dengan naik gajah kemudian dikirab hingga tangga candi.

"Semoga acara ini memberikan semangat dan harapan tahun 2016, perusahaan kami bisa berjalan lebih baik dan pengunjung diharap lebih banyak dan puas dari tahun-tahun sebelumnya," katanya.

Berdasarkan pantauan, suasana kepariwisataan Candi Borobudur pada pukul 06.00 WIB atau hari pertama 2016 diwarnai gerimis. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan pengunjung untuk naik candi.