Jadi Polisi Cilik, Karakter Anak-Anak Bengkalis Lebih Disiplin

Bengkalis, (Antarariau.com)- Pendidikan Polisi Cilik (Pocil) yang dilaksanakan Oleh Polres Bengkalis, Provinsi Riau, terbukti membentuk karakter anak lebih disiplin.
     
Kasat Lantas Polres Bengkalis AKP Alex ‎Sandy Siregar melalui Kanit Dikyasa Ipda Andri Saputra menyebutkan, setelah mendapatkan bimbingan Pocil  yang dipimpin olehnya itu, anak- anak lebih meningkat kedisiplinannya dan bahkan ketika Pocil Bengkalis ikut lomba di Polda Riau kemarin berhasil meraih juara kedua se Riau.
     
"Beberapa waktu yang lalu, ada beberapa orang tua peserta pocil  menyampaikan pada kami, bahwa setelah mendapatkan bimbingan Pocil, diakui anaknya lebih disiplin dalam menyikapi berbagai hal dalam kehidupan sehari- harinya," kata Andri Saputra, dalam keterangannya di Bengkalis, Minggu.
     
Dari pengakuan orang tua peserta, lanjutnya lagi, anak-anak mereka yang sebelumnya susah bangun pagi, dan banyak malas bila diperintahkan orang tua, kini rajin dan disiplin.
     
"Apabilia mereka diperintahkan orang tua seperti mengambil barang atau apa, mereka mengatakan siap! mengikuti perintah," jelasnya.
     
Andri menjelaskan, sebenarnya minat kalangan anak anak mengikuti pocil sangat tinggi, buktinya banyak anak anak yang mengikuti seleksi, dinyatakan tidak lolos, timbul kekecewaan dan ada juga sejumlah anak anak yang menangis dan memaksa untuk tetap ikut Pocil.
     
"Penerimaan pocil sendiri tidak dipungut biaya apapun, bahkan seragam dan snak dalam pelatihan pocil yang diterima setelah seleksi kami tanggung semuanya, namun,  kami tidak bisa menerima peserta terlalu ramai, karena anggaran yang terbatas," katanya.
     
Pembiayaan pembinaan pocil sendiri katanya tanpa campur tangan dari pemerintah daerah setempat.
     
"Tapi sayangnya, dana yang kita punya sangat terbatas, bayangkan saja, dana tersedia Rp. 175 juta untuk melakukan pembinaan pada 100 pocil yang telah kita rekrut ini‎, sebenarnya masih tidak mencukupi, sebab selain mengadakan kostum pocil, juga setiap pembinaan satu minggu dilakukan 3 kali setiap petang dengan  5 orang pembina itu, juga untuk kebutuhan menyediakan makanan dan minuman," jelasnya.
     
Terkait dana Rp. 175 juta untuk pembinaan kedisiplinan dan Peraturan Baris Berbaris (PBB) itu, Ia menjelaskan dana yang telah disediakan di Kepolisian yang tidak ada sedikitpun dana hibah dari Pemkab. Bengkalis, sehingga jika ada dana tambahan maka dalam pembinaan ini dapat melebar dan bertambah jumlahnya.
     
Sekitar 150 peserta pocil yang di bina, 27 pocil di tahun 2014 lalu, dan untuk 2015 ada sekitar 100 pocil dari 12 Sekolah Dasar se Kabupaten Bengkalis.

loading...