402 Desa, 19 Kecamatan di Riau Masih Kawasan Hutan

id 402, desa 19, kecamatan di, riau masih, kawasan hutan

 402 Desa, 19 Kecamatan di Riau Masih Kawasan Hutan

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Belum disahkannya Rencana Tata Ruang dan Wilayah Provinsi Riau dikeluhkan selalu menghambat pembangunan. Itu karena masih ada daerah yang kawasan hutan sehingga jika dibangun akan melanggar izin lingkungan.

Menurut Pelaksana Tugas Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman pada penghujung tahun lalu, di provinsi ini masih terdapat 402 Desa dan 19 Kecamatan yang masih merupakan kawasan hutan. Oleh karena itu perlu pemutihan dalam dokumen RTRW.

"Bahkan Kantor Walikota Dumai juga masih kawasan hutan, juga jalan tol provinsi. Kalau itu diajukan Perda ke DPRD pasti akan ditolak. Kita akan berusaha terus, setelah ini kita akan kunjungi pihak terkait," ujarnya.

Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Riau, Muhammad Yafiz menambahkan bahwa RTRW harus terintegrasi dengan Surat Keputusan Menteri Kehutanan tentang Kawasan Hutan. Sampai sekarang belum bisa karena status kawasan hutan itu.

"Kita akan komunikasi lagi pekan depan. Kalau secara legal formal sudah ada disampaikan tim terpadu yang pemutihan 2,7 juta hektare itu. Tapi Ketika dikeluarkan hanya 1,6 juta ha," jelasnya.