Tingkatkan Minat Baca, Tuti Safitri: Tiap Desa Perlu Ada Pustaka

id tingkatkan minat, baca tuti, safitri tiap, desa perlu, ada pustaka

Tingkatkan Minat Baca, Tuti Safitri: Tiap Desa Perlu Ada Pustaka

Bagansiapiapi, Rohil (Antarariau.com) - Dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat khususnya bagi kalangan pelajar dan anak-anak, Kepala Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Rokan Hilir Tuti Safitri mengajak kepada seluruh kepala desa di Rohil untuk mendirikan Pustaka Desa.

Menurutnya, saat ini jumlah Pustaka Desa baru berjumlah 28 unit dan jumlah tersebut masih sangat sedikit dibandingkan jumlah desa yang ada di Kabupaten Rokan Hilir yang mencapai 186 desa.

"Jika ada desa yang mendirikan pustaka ajukan langsung permohonan dan kita akan bantu 1000 buku, tapi setiap desa harus mendirikan pustaka lengkap dengan rak," kata Tuti, Senin.

Bukan hanya dari Kabupaten saja, bahkan pihaknya bisa memfasilitasi bantuan buku dari Propinsi dan Pusat tergantung berapa banyak permintaan desa.

Ia menilai, banyak manfaat dengan didirikannya pustaka desa yang salah satunya untuk meningkatkan minat baca bagi masyarakat dan anak-anak pelajar.

"Saya rasa kalau bukan sekarang kapan lagi kita gerakkan masyarakat gemar membaca," ujarnya.

Apabila pustaka desa sudah berdiri, lanjut dia maka pihaknya akan senantiasa melakukan pembinaan.

"Bahkan untuk menumbuhkan semangat masyarakat, seluruh desa kita siap mengadakan perlombaan. Kalau berprestasi akan kita lombakan pada tingkat Propinsi hingga Pusat," katanya.

Ia menambahkan, kemajuan teknologi yang begitu canggih saat ini seperti handphone sangat berpengaruh besar bagi kalangan anak-anak, karena banyak situs-situs yang tidak layak diketahui oleh anak-anak pada Internet tersebut.

"Dengan adanya pustaka setiap desa setidaknya anak-anak terbiasa membaca dan tentunya dapat mengurangi aktivitas mereka yang tidak bermanfaat," ujarnya.

(adv)

Oleh Dedi Dahmudi