Di Bengkalis Tercatat. 314 HIV, 57 Aids, dan 34 Meninggal

id di bengkalis, tercatat 314, hiv 57, aids dan, 34 meninggal

Di Bengkalis Tercatat. 314 HIV, 57 Aids, dan 34 Meninggal

Bengkalis, (Antarariau.com)- Sepanjang tahun 2015, kasus Human Immunodeficiency Virus (HIV) di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, meningkat signifikan dari tahun- tahun sebelumnya.

Sekretaris Komisi Penanggulan Aids (KPA) Kabupaten Bengkalis, Ismal Mahyuddin menyebutkan, dari catatan KPA tahun 2015 di Kabupaten Bengkalis tercatat 314 kasus HIV dan 57 Aids dan yang meninggal dunia 43 orang.

“Berbeda dari Tahun 2014 lalu kasus HIV di daerah itu tercatat 239, Aids 51 dan meninggal 33,” kata Ismail Mahyudin di Bengkalis, Selasa.

Menurut Ismail Mahyudin, penyakit HIV merupakan penyakit yang paling mematikan dan membahayakan lebih dari penyakit ganas lainnya seperti kanker. HIV mampu menghancurkan dan mematikan fungsi kerja organ penting dalam tubuh manusia.

“HIV akan mudah ditularkan pada hubungan seksual terutama bagi mereka yang sering berganti-ganti pasangan, serta penggunaan narkoba dengan jarum suntik,” katanya.

Sementara dalam pendataan KPA, ia menyampaikan penularan HIV di daerah itu kebanyakan akibat dari hubungan seksual.

Dijelaskannya, dari delapan kecamatan di Kabupaten Bengkalis, penyumbang terbanyak kasus HIV ini adalah di dua kecamatan yakni Kecamatan Mandau dan Kecamatan Pinggir.