LAM Rupat Utara Gelar Festival Seni dan Budaya Pekan ini

id lam rupat, utara gelar, festival seni, dan budaya, pekan ini

LAM Rupat Utara Gelar Festival Seni dan Budaya Pekan ini

Bengkalis, (Antarariau.com)- Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau Kecamatan Rupat Utara akan menggelar Festival Seni dan Budaya tahun 2016 yang akan dilaksanakan dari tanggal 8 -12 januari 2016.

Dalam festival ini bermacam perlombaan yang digelar seperti lomba menghias pengantin melayu, lomba berbalas pantun, lomba tari persembahan, festival langgam Melayu dengan lagu wajibnya Makan Sirih, dan sebuah lagu langgam misalnya Patah Hati maupun sejenisnya.

Ketua LAM Riau Kecamatan Rupat Utara H.Abdullah, Selasa (5/1) menyampaikan, peserta perlombaan itu terbuka untuk umum, baik itu dari sekolah, desa dan juga sanggar seni yang ada di daerah itu.

"Undangannya telah kami kirimkan beberapa Minggu lalu, awalnya kegiatan ini kami laksanakan pada Desember 2015 kemarin tetapi karena berbagai pertimbangan bersama anggota panitia pelaksana lainnya akhirnya disepakati pelaksanaannya pada 8-12 januari, berlokasi di Dusun Tua RT 08 RW 04 Desa Teluk Rhu,” kata Abdullah.

Sementara itu, kepada masyarakat Rupat Utara ia menghimbau agar berpartisipasi aktif dalam mengembangkan seni budaya Melayu yang ada di daerah itu.

"Bagi peserta lomba untuk dapat mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya agar tampil maksimal sehingga mendapatkan prestasi terbaik,” ujarnya mengingatkan.

Abdullah juga mengajak para wisatawan dari luar Rupat Utara untuk datang menyaksikan kegiatan perlombaan yang akan berlangsung.

"Untuk mewujudkan desa wisata tergantung dari peran serta masyarakat desa itu sendiri, wisatawan asing telah bosan tinggal di hotel dari itu mari kita libatkan para wisatawan dengan nuansa kampung dan rutinitas kehidupan kita sehari-hari, " kata Abdullah.

(adv)