Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Pekanbaru hanya mampu memperbaiki sembilan dari 20 bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) yang rusak "/>

Dari 20 Bus TMP yang Rusak, Hanya 9 Mampu Diperbaiki Pemko

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Pekanbaru hanya mampu memperbaiki sembilan dari 20 bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) yang rusak karena keterbatasan dana perbaikan.

"Untuk mesinnya sudah selesai di-service menggunakan anggaran tahun 2015," kata Sekretaris Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informastika Pekanbaru Syahbannullah di Pekanbaru, Rabu.

Ia mengatakan perbaikan bus bantuan Kementerian Perhubungan 2012 kini memasuki proses perbaikan badan bus bekerja sama Bank Riau-Kepri.

Bank-Riau Kepri akan memasang merek sebagai "branding" di badan sembilan bus TMP yang akan dioperasikan mengangkut penumpang umum dalam kota tersebut.

Sedangkan 11 unit lagi yang kini masih mangkrak di Terminal Bandar Raya Payung Sekaki.

"Kami akan lakukan bertahap sesuai kemampuan keuangan Pemko," tutupnya.     
   
Saat ini, Pemkot Pekanbaru memiliki 75 unit bus TMP dengan sistem sewa pakai guna melayani angkutan umum massal pada delapan koridor yang ada.

Ke-75 bus TMP ini berukuran sedang itu dikelola oleh Perusahaan Daerah Pembangunan.

Jumlah  penumpang bus TMP saat ini sekitar 14 ribu jiwa/hari.

Dengan diperbaikinya secara bertahap 20 unit bus bantuan Kemenhub tersebut diharapkan bisa melayani angkutan penumpang pada rute yang masih memiliki waktu tunggu lama, seperti Panam, Rumbai, Pasir Putih dan sebagainya.

Pemkot Pekanbaru sudah memutuskan pengelolaan 20 unit bus TMP ukuran besar tersebut akan dibawah Dishubkomimfo.