Desa Inhu Dapat Dana Pembangunan Rp500 Juta

id desa inhu, dapat dana, pembangunan rp500 juta

Desa Inhu Dapat Dana Pembangunan Rp500 Juta

Rengat, (Antarariau.com) - Sejumlah desa di Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau telah mendapatkan dana mencapai Rp500 juta untuk membantu program pembangunan agar lebih cepat dan terarah.

"Dana itu dari tiga sumber yakni APBD II, APBD I dan APBN mencapai Rp21 miliar," kata Camat Rengat Barat Nurdjanah di Rengat, Rabu.

Ia mengatakan, masyarakat perlu berbagngga hati dengan adanya kucuran dana desa maka program ekonomi kerakatan untuk membangun desa berjalan dengan optimal.

Secara total kucuran dana desa mencapai Rp21.260.377.895 milyar lebih, dana itu untuk 17 desa dalam satu kecamatan, hanya saja satu klurahan yang tidak menerima.

"Program pemerintah sangat berhasil membangun ekonomi desa," sebutnya.

Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Rengat Barat Ja¿at juga menambahkan, besarnya dana desa yang dikucurkan pemerintah jelas akan mendorong pertumbuhan ekonomi desa karean dana itu dapat digunakan untuk membangun berbagai kegiatan di desa.

"Dana itu di transper ke rekening desa," ujarnya.

Dana desa yang berasal dari APBD Indragiri Hulu cairkan dalam empat tahap ini sebesar Rp8.037.666.402, dana desa dari APBD Riau sebesar Rp8.500.000.000 masing masing desa meraih sebesar Rp500 juta, sedangkan dana desa yang berasal dari APBN mencapai Rp4.722.710.998 dicairkan dalam tiga tahapan.

Salah satu warga Pematang Reba, Kasmedi mengatakan, besarnya perhatian pemerintah terkait peningkatan program ekonomi kerakyatan akan mendorong tumbuhnya kesejahteraan warga yang secara cepat lebih maju.

"Namun sebaiknya dignakan dana itu tepat sasaran," ujarnya.

Kasmedi juga menyebutkan, untuk di wilayah Indragiri Hulu sejumlah desa sudah berkembang dengan baik, namun sebaiknya anggaran desa ditingkatkan lagi untuk tahun 2016 mendatang, hal ini agar semua program desa berjalan optimal.