Pekanbaru, (Antarariau.com) - PT Pertamina Pemasaran Wilayah Sumbar-Riau mengungkapkan penjualan bahan bakar minyak (BBM) di Riau naik 40 "/>

Harga BBM Turun, Pertamina: Penjualan di Riau Meningkat 40 Persen

Pekanbaru, (Antarariau.com) - PT Pertamina Pemasaran Wilayah Sumbar-Riau mengungkapkan penjualan bahan bakar minyak (BBM) di Riau naik 40 persen per hari dalam dua hari terakhir setelah harga turun pada Selasa (5/1).
         
"Kita rasakan dalam dua hari terakhir, ada pembelian cukup signifikan di Riau. Seperti rencana pengiriman hari ini, sekitar 140 persen dari rata-rata pengiriman di hari normal," kata Kepala Pertamina Pemasaran Wilayah Sumbar-Riau, Ardyan Adhitia di Pekanbaru, Rabu.
         
Ia jelaskan, pembelian tersebut dilakukan di 147 unit Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan tersebar di masing-masing kabupaten/kota di Riau melalui tiga depot penyaluran BBM seperti Depot Siak, Depot Dumai dan Depot Tembilahan.
         
Sama seperti di Sumbar, kata Ardyan, penjualan BBM baik jenis premium atau solar pada SPBU di Riau alami kemerosotan tajam hingga mencapai rata-rata 50 persen per hari terhitung sejak akhir pekan lalu atau tepatnya Minggu (3/1) .
         
Padahal pada waktu normal melakukan penyaluran BBM dalam sehari untuk 147 unit SPBU rata-rata jenis premium 75.000 kiloliter per bulan atau sekitar 2.500 kiloliter per hari dan solar 66.000 kiloliter per bulan atau sekitar 2.200 kiloliter per hari.
         
"Selama dua hari sebelum BBM diturunkan, kita rasakan penjualan SPBU di Riau turun cukup signifikan. Sementara kita coba cek di beberapa SPBU, omset penjualan mereka turun capai 50 persen dari biasanya," ucap dia.
         
Ardyan beberkan, satu SPBU di Riau lazimnya menjual sekitar enam ton BBM jenis solar per hari, maka turun menjadi tiga atau dua ton dalam sehari dan begitu juga dengan jenis premium dari 10 kiloliter per hari, menjadi enam sampai lima ton per hari.
        
Para konsumen di provinsi tersebut bersikap menunda pembelian hingga harga BBM diturunkan dengan menahan pembelian di 147 unit SPBU dan berakibat pada meningkatnya permintaan setelah BBM diturunkan.
        
"SPBU di Riau itu diserbu konsumen. Karena kemarin beberapa SPBU seperti di Pekanbaru sempat terjadi kekosongan selama dua jam hingga tiga jam. Tapi kalau hari ini, kita pastikan sudah normal," kata dia.
 
 
 

loading...