Kapan Riau Jadi Embarkasi Haji? Kanwil Kemenag Belum Bisa Pastikan

id kapan riau, jadi embarkasi, haji kanwil, kemenag belum, bisa pastikan

Kapan Riau Jadi Embarkasi Haji? Kanwil Kemenag Belum Bisa Pastikan

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Riau menyatakan belum bisa memastikan kesiapan Riau menjadi embarkasi haji tahun 2016 ini karena untuk bisa menjadi seperti itu prosesnya harus bertahap.

"Kemanag punya aturan untukuntuk embarkasi haji. Tahap awal satu tahun dua tahun jadi tempat transit dulu, baru embarkasi penuh sebagai perpanjangan. Kita tidak bisa beri target kapan Riau jadi embarkasi haji, yang jelas infrastruktur dulu," kata Kanwil Kemenag Riau, Tarmizi Tohor di Pekanbaru.

Dia mengatakan bahwa untukbangun embarkasi di Riau tidak sepeti membalik telapak tangan. Banyak hal yang harus dipersiapkan untuk mendapatkan persetujuan Kemenag pusat dan saat ini belum dapat persetujuan karena infrastruktur harus ada dulu, baru ajukan.

Selain itu, kata dia, jika bandara dan asrama sudah siap nanti adalagi ada pertimbangan lagi dengan bandara di Batam karena yang terbesar itu di sana jemaah hajinya dari Riau. Pusat juga memikirkan itu, kalau tidak lagi, Batam selanjutnya bagaimana.

Cita-cita agar Riau bisa punya embarkasi sendiri tergantung persiapan daerah dengan infrastruktur. Pemerintah Provinsi Riau harus membangun saja dulu dan kalau sudah siap bersama dengan kanwil ke Kemenag untuk mengajukan diri.

"Yangjelas infrastruktur dulu, kalau tidak siap apa yang kita akan bicarakan ke pusat," paparnya

Namun saat ini belum ada kepastian infrastruktur apa yang akan dibangun untuk persiapan itu. Untuk asrama haji tahun ini tidak akan dibangun karena permasalahan lahan yang telah menyebabkan seorang pejabat Riau telah menjadi tersangka karena ada dugaan korupsi oleh inisial MG.

"Lahan embarkasi itu tidak bermasalah, orangnya saja yang bermasalah. Dilanjutkan tidak masalah tapi mungkin karenamenyesuaikan prosesnya dulu. Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak lama tuntas semuanya, juga bandaranya," ujarnya.

Saat ini, lanjut dia, Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru sedang penyesuaian panjang lintasan. Karena untuk haji dibutuhkan pesawat dan kata Tramizi mungkin sekarang hampir selesai, tinggal asrama haji saja yang belum.