Dandim Bengkalis Semangati Petani Tingkatkan Produksi, Swasembada Adalah Harga Mati!!!

id dandim bengkalis, semangati petani, tingkatkan produksi, swasembada adalah, harga mati

Dandim Bengkalis Semangati Petani Tingkatkan Produksi, Swasembada Adalah Harga Mati!!!

Bengkalis, (Antarariau.com)- Dandim 0303 Bengkalis Letkol Arh Wachyu Dwi Ariyanto memotivasi para petani di Kabupaten Bengkalis untuk meningkatkan produksi pangan, khususnya padi, mengingat sesuai keinginan Pemerintah RI bahwa negeri harus mampu menjadi swasembada pangan.

“Pesan dari Pak Menteri, bahwa swasembada pangan ini merupakan harga mati. Kalau di TNI, NKRI adalah harga mati. Maka bagi petani, keberhasilan swasembada adalah harga mati,” kata Letkol Arh Wachyu Dwi Ariyanto di Bengkalis, Kamis.

Ia mengatakan, untuk menyukseskan swasembada pangan, maka TNI Angkatan Darat dilibatkan dalam pendamping petani.

“Dandim menginginkan kemitraan yang telah terjadi antara TNI dan petani dapat ditingkatkan lagi, agar apa yang dicita-citakan oleh Presiden RI dapat diwujudkan. Terutama agar negeri ini tidak lagi tergantung impor beras dari negara lain, tapi bagaimana kedepan menjadi swasembada padi,” ujarnya.

Menurut dia, agar program swasembada pangan dapat terwujud, musim tanam padi di Kabupaten Bengkalis bisa ditingkatkan lagi dari IP 100 menjadi IP 200.

Bila program IP 200 belum bisa diwujudkan, karena tergantung dengan masalah cuaca, katanya lagi, maka petani terutama di Desa Parit I Api-api kecamatan bukit batu bisa beralih untuk menanam komoditi pangan lainnya, seperti jagung. Karena tanaman jagung dinilai lebih kuat dengan kondisi lahan kering.

“Dari informasi yang saya terima, ada program 500 hektar menanam jagung dari kementerian. Hendaknya, program ini bisa dilaksanakan juga oleh para petani di Kabupaten Bengkalis,” tuturnya.

(adv)