Angkasa Pura II

Bulog Dumai Keluarkan 1.978 Ton Raskin Selama 2015

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Kepala Perum Bulog Sub Divre Dumai, Riau, Agus Titov Sabelia menyebutkan sepanjang 2015 pihaknya mengeluarkan sebanyak 1.978 ton beras untuk keluarga miskin bagi di daerah ini.
         
"Kami mendistribusikan raskin selama 2015 sebanyak lima kali dengan total 1.978 ton beras," katanya di Dumai, Kamis.
         
Dijelaskan dia, distribusi raskin kepada 9.423 rumah tangga sasaran penerima manfaat dilakukan per tahap yaitu per tiga bulan, ditambah penyaluran raskin 13 dan 14.
         
Bulog Dumai, lanjut dia, setiap bulan mengeluarkan kebutuhan sebanyak 141 ton beras raskin dan disalurkan melalui pihak pemerintah kelurahan yang tersebar di 7 kecamatan Dumai.
         
"Pelaksanaan distribusi raskin di Dumai berjalan baik tanpa ada kendala berarti berkat dukungan dan kerjasama baik pemerintah daerah," ungkap dia.
         
Jatah raskin yang dibagikan kepada masyarakat miskin penerima tersebut digratiskan oleh pemerintah daerah, dan sejauh ini pembayaran tidak mengalami kendala dan sudah dilunasi hingga akhir 2015 lalu.

Terkait raskin 13 dan 14, menurutnya, merupakan kebijakan nasional bertujuan sebagai pengendalian harga beras dan mengantisipasi gejolak di pasaran serta kesiapan menghadapi momen perayaan hari besar keagamaan.
         
Untuk pelaksanaan raskin 2016 ini, pihaknya masih menunggu penetapan pemerintah pusat dan daerah terkait jumlah masyarakat penerima yang akan ditetapkan oleh tim koordinator percepatan penanggulangan kemiskinan.
         
"Sebagai pelaksana distribusi raskin, Bulog Dumai siap untuk menjalankan program nasional ini di 2016 jika sudah ada penetapan dari pemerintah," jelasnya.
         
Persediaan beras Bulog Dumai diketahui saat ini berjumlah 25 ribu ton dan dipastikan aman untuk kebutuhan masyarakat selama 6 bulan kedepan.