Tiga Kecamatan di Rohil ini Punya Potensi Pengalengan Kerang

id tiga kecamatan, di rohil, ini, punya potensi, pengalengan kerang

Tiga Kecamatan di Rohil ini  Punya Potensi Pengalengan Kerang

Rokan Hilir, Riau (Antarariau.com) - Tiga Kecamatan di Kabupaten Rokan Hilir, Riau yang merupakan daerah pesisir Rohil sangat berpotensi untuk dibuat usaha Pengalengan Kerang seperti di Kecamatan Pasir Limau Kapas, Sinaboi dan Kubu Babussalam.

"Kita sudah sering dengar dan tahu ada pengalengan ikan, namun yang belum itu pengalengan kerang, padahal kita mempunyai potensi yang besar didukung bahan baku yang mencukupi," kata Plt Sekdakab Rohil H. Surya Arfan, Kamis.

Ia meminta Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlut) Rohil melakukan pembinaan sehingga hal ini bisa terwujud dan diyakini akan menambah penghasilan masyarakat nelayan.

Diakuinya, selama ini nelayan Rohil hanya terfokus dalam mencari dan menjual ikan, namun kerang segar tanpa terpikirkan peluang disamping itu.

"Untuk kerang di Kepenghuluan Sei Daun, Kecamatan Pasir Limau Kapas memang dilakukan pembudidayaan, bahkan setiap empat bulan panen dan sudah bisa menghasilkan uang bagi para nelayan," kata Surya.

Dia menilai, apabila ada pabrik pengalengan kerang tidak tertutup kemungkinan hasilnya bisa diekspor dan mencukupi kebutuhan dalam negeri mengingat banyak para penggemar makanan laut tersebut.

"Untuk tahap awal ini kita bina dan buat semacam industri rumah tangga seperti keripik udang, ikan dan kerang. Jika sudah cukup sumber daya manusianya barulah kita carikan investor untuk membuat pabrik," tuturnya.

(adv)

Oleh Dedi Dahmudi