DPRD: Pengelolaan Objek Wisata Inhu Belum Optimal, Masih Banyak Kurangnya

id dprd pengelolaan, objek wisata, inhu belum, optimal masih, banyak kurangnya

DPRD: Pengelolaan Objek Wisata Inhu Belum Optimal, Masih Banyak Kurangnya

Rengat, (Antarariau.com) - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau menilai pengelolaan sejumlah objek wisata daerah masih belum optimal sehingga wisatawan kurang berminat kunjungi Inhu.

"Saya berharap dapat ditingkat, didata dengan baik sehingga bisa mendatangkan investasi," kata Wakil Ketua II DPRD Indragiri Hulu, Adila Anshori di Rengat, Jumat.

Ia mengatakan, minimnya peminat wisatawan luar mengunjungi objek wisata yang ada di sejumlah wilayah Indragiri Hulu karena promosinya kurang, sarana pendukung masih minim di sejumlah objek itu, bahkan belum terkelola dengan baik areal yang dinilai sangat berpotensi mendatangkan pendapatan.

Instansi terkait sebaiknya mendata ulang, melakukan survei kesejumlah tempat yang berpotensi dijadikan lokasi wisata, karena beberapa kecamatan memiliki alam yang asri tentu dapat mengundang daya tarik wisatawan luar bahkan investor berinvestasi dibidang kepariwisatawan.

"Jika perlu diserahkan ke pihak ketiga untuk mengelolanya agar maksimal," sebutnya.

Adila menyebutkan, ada objek danau sembilan, danau raja, meduyan, rumah tinggi, wisata religius, taman dan situs budaya kerajaan, wisata alam air terjun serta masjid tua itu semua bernilai tinggi yang bisa mendatangkan investasi.

Tokoh peduli wisata Inhu Saharan mengatakan, jumlah objek wisata di Inhu mencapai ratusan hanya saja pengelolaanya harus maksimal dengan melibatkan sejumlah elemen terkait misalnya instansi pemerintah, swasta dan masyarakat.

"Semua itu saling keterkaitan, untuk itu kepedulian terkait itu perlu ditinjau ulang agar bisa terkelola dengan baik," ujarnya.

Indragiri Hulu dikenal dengan Kota bersejarah, dibalik sebutan itu tentu memiliki makna yang sangat dalam dan luas karena itu perlu dikaji secara keseluruhan agar dapat juga bernilai wisata.

Instansi terkait sebaiknya menggandeng pihak swasta dalam pengelolaannya dan media masa untuk ikut berperan aktif dalam mempromosikan namun demikian instansi terkait hendaknya menjalin kemitraan yang baik dengan sejumlah media jika perlu dibuat suatu kerjasama dibidang pemberitaan maupun promosi objek wisata.

Menurutnya, saat ini Pemerintah Provinsi Riau sedang menggalakkan promosi wisata, untuk itu sudah saatnya peluang itu di manfaatkan sebaik mungkin oleh Indragiri Hulu.