El Nino Segera Datang, Bupati Bengkalis Ingatkan Warga Hemat Air

id el nino, segera datang, bupati bengkalis, ingatkan warga, hemat air

El Nino Segera Datang, Bupati Bengkalis Ingatkan Warga Hemat Air

Bengkalis, (Antarariau.com)- Dari perkiraan Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang memprediksi pada tahun 2016 ini akan dilanda munculnya fenomena el nino, Penjabat Bupati Bengkalis mengingatkan warga untuk hemat air.

Pj Bupati Bengkalis, Ahmad Syah mengatakan, sesuai dari informasi yang diperoleh, BMKG memprediksi kemarau panjang akan berlangsung selama sekitar 10 bulan, terhitung Januari hingga Oktober.

"Meskipun sekarang untuk mendapatkan air bersih dan air minum mudah seperti adanya air isi ulang, namun kita juga tetap menghimbau warga untuk senantiasa menghemat stok air bersih,” kata Ahmad Syah Harrofie di Bengkalis Jumat.

Menurut dia, air merupakan kebutuhan yang penting dalam hidup baik itu untuk minum, masak mencuci, mandi, dan sebagainya.

Selain itu, warga di daerah itu juga diingatkan untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar.

Ia mengatakan, beberapa hari terakhir cuaca panas disertai angin kencang sering terjadi di Bengkalis dan sekitarnya.

"Jika kita tidak mau terulang lagi bencana asap yang sering kali melanda negeri ini, maka kepedulian masyarakat untuk menjaga lingkungan sangat kita harapkan. Karena tanpa dukungan dari seluruh elemen masyarakat pencegahan kebakaran tidak bakal terwujud," ujar Ahmad Syah lagi.

Ia menjelaskan, ancaman hukuman pidana dan denda yang cukup besar bagi pelaku pembakar lahan dan hutan ini, seperti dijelaskan dalam Undang-undang Nomor 41 Tahun 1999, tentang Kehutanan pasal 78 ayat 3.

Ancaman pidana paling lama 15 tahun dengan denda Rp 5 miliar, selanjutnya berdasarkan pasal 187 KUHP bagi pelaku pembakaran hutan dilakukan dengan sengaja, diancam dengan pidana 12 tahun.

(adv)