Cuaca Semakin Panas, Pemkab Bengkalis Imbau Warga Tidak Bakar Lahan

id cuaca semakin, panas pemkab, bengkalis imbau, warga tidak, bakar lahan

Cuaca Semakin Panas, Pemkab Bengkalis Imbau Warga Tidak Bakar Lahan

Bengkalis, (Antarariau.com)- Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, mengimbau sekaligus mengingatkan warga setempat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar karena cuaca panas terik dan angin kencang.

"Dalam beberapa hari terakhir ini cuaca memang panas terik dan berangin, jadi masyarakat di kabupaten Bengkalis harus sama-sama menjaga untuk tidak membuka lahan dengan membakar,” kata Kabag Humas Pemerintah Daerah Bengkalis, Syafri Johansyah di Bengkalis, Jumat.

Ia mengatakan, perkiraan Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa kemungkinan besar akan terjadi fenomena el nino di tahun 2016 ini sehingga dikhawatirkan akan terjadinya kebakaran.

Menurut dia, kemarau panjang berpotensi terjadinya kebakaran lahan dan hutan.

"Untuk itu, masyarakat harus bisa bekerja sama bagaimana agar tidak terjadi lagi kebakaran di daerah kita ini," katanya mengingatkan.

Masyarakat berperan penting untuk bersama mengantisipasi terjadinya kebakaran ini, karena tanpa kerja sama dari masyarakat maka pemerintah setempat tidak akan bisa mengantisipasi terjadinya kebakaran lahan dan hutan.

"Bersama kita jaga lingkungan, agar tidak terjadi lagi kabut asap seperti yang telah terjadi sebelumnya,” katanya.

Disamping itu juga, kepada perokok ia juga meminta untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan, karena menurutnya puntung rokok juga berpotensi menyebabkan kebakaran.

(adv)