Pengeluaran Bahan Makanan Naik, Pedesaaan Riau Alami Inflasi 0,94 Persen

id pengeluaran bahan, makanan naik, pedesaaan riau, alami inflasi, 094 persen

Pengeluaran Bahan Makanan Naik, Pedesaaan Riau Alami Inflasi 0,94 Persen

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau menyebutkan selama Desember 2015 pedesaan Riau mengalami inflasi sebesar 0,94 persen.

"Inflasi perdesaan disebabkan oleh naiknya indeks pada hampir semua kelompok pengeluaran konsumsi rumah dominan kelompok bahan makanan,"kata Kepala BPS Provinsi Riau, Mawardi Arsad dalam keterangannya di Pekanbaru, Jumat.

Menurut dia, inflasi atau deflasi perdesaan merupakan perubahan indeks konsumsi Rumah Tangga (IKRT) yang mencerminkan angka inflasi atau deflasi di wilayah pedesaan.

Ia menyebutkan, kelompok bahan makanan yang mendominasi mempengaruhi terjadinya inflasi di pedesaan Riau atau naik sebesar 1,70 persen, kelompok makanan jadi naik sebesar 0,60 persen, kelompok perumahan naik sebesar 0,29 persen, kelompok sandang naik sebesar 0,15 persen.

Selain itu, mendoronga terjadinya inflasi di pedesaan Riau juga termasuk kelompok kesehatan yang mengalami kenaikan sebesar 0,53 persen, dan kelompok transportasi & komunikasi mengalami kenaikan indeks sebesar 0,24 persen.

Sementara kelompok pendidikan, rekreasi dan olah raga justru mengalami penurunan indeks sebesar 0,24 persen dibanding bulan lalu.

"Indeks Harga Konsumen (IHK) merupakan salah satu indikator ekonomi penting yang sering digunakan untuk mengukur tingkat perubahan harga barang dan jasa berupa inflasi/deflasi di tingkat konsumen di daerah perkotaan,"katanya.

Perubahan IHK dari waktu ke waktu, katanya, menunjukkan pergerakan harga dari paket komoditas barang dan jasa yang dikonsumsi oleh rumah tangga di suatu daerah tertentu.