Festival Seni Budaya Melayu Ditaja LAM Rupat Utara Resmi Dibuka

id festival seni, budaya melayu, ditaja lam, rupat utara, resmi dibuka

Festival Seni Budaya Melayu Ditaja LAM Rupat Utara Resmi Dibuka

Bengkalis, (Antarariau.com)- Festival Seni Budaya Melayu, yang digelar oleh Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, Riau, resmi dibuka Jumat malam.

Adapun tujuan festival ini merupakan upaya untuk menggali bakat-bakat dalam bidang seni dan budaya Melayu yang selama ini masih terpendam sehingga menjadi prestasi yang membanggakan bagi masyarakat didaerah itu.

Ketua panitia pelaksana festival, Atan Ahmad menyebutkan pelaksanaan festival seni budaya melayu ini bertemakan "Melayu Serumpun Warisan Sejati".

"Ada empat cabang yang akan diperlombakan, diantaranya, menghias pengantin Melayu, tari persembahan, berbalas pantun, dan langgam Melayu, "ujar Atan Ahmad di Bengkalis.

Sementara itu, ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau Kecamatan Rupat Utara, H Abdullah menyampaikan Ke depannya akan menambahkan perlombaan tanding Merisik dan Meminang, silat melayu, berpakaian Melayu dan lomba tepuk tepung tawar.

"Acara ini akan menjadi agenda rutin kita di LAM Riau Kecamatan Rupat Utara, terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Bengkalis karena telah memberikan bantuan sebesar 125 juta kepada kami untuk pelaksanaan acara ini,” katanya.

Acara festival tersebut diselenggarakan di lapangan terbuka agar mudah ditonton oleh masyarakat sehingga anak-anak muda menjadi tahu bahwa inilah seni budaya melayu di daerah itu.

“Saat ini di televisi banyak berisi siaran seni budaya bangsa lain, sehingga anak-anak kita jadi merasa asing contohnya langgam Melayu, di rumah jarang ada kaset lagu Melayu,” katanya.