Pemutaran Perdana Star Wars di Tiongkok Pecahkan Rekor Penjualan Tiket

id pemutaran perdana, star wars, di tiongkok, pecahkan rekor, penjualan tiket

Pemutaran Perdana Star Wars di Tiongkok Pecahkan Rekor Penjualan Tiket

Los Angeles (Antarariau.com) - Film blockbuster global "Star Wars: The Force Awakens" memecahkan rekor di Tiongkok dengan estimasi hasil penjualan tiket 33 juta dolar AS pada hari pertama penayangannya di pasar film terbesar kedua di dunia itu menurut Walt Disney Co.

Angka itu merepresentasikan pendapatan penayangan perdana terbesar film studio Disney di Tiongkok dan pendapatan pemutaran perdana tertinggi di negeri itu dalam sejarah industri film, kata Disney, Sabtu (9/1).

"The Force Awakens," film ketujuh seri fiksi ilmiah karya George Lucas, telah menjadi film dengan pendapatan kotor terbesar sepanjang masa di pasar film Amerika Serikat dan Kanada, dan sudah mencatatkan rekor di seluruh dunia.

Penjualan global film itu pada Kamis mencapai 1,6 miliar dolar AS menurut Disney.

Tiongkok akan membantu menentukan apakah "Force Awakens" bisa mengungguli "Avatar", film dengan pendapatan tertinggi sepanjang sejarah di Hollywood. "Avatar" meraup 2,8 miliar dolar AS setelah debutnya pada Desember 2009.

Film saga "Star Wars" bermula tahun 1977. Film aslinya tidak ditayangkan di bioskop-bioskop Tiongkok sampai Juni lalu.

Disney meluncurkan kampanye pemasaran untuk mendengungkan film itu, menampilkan 500 Stormtroopers di Tembok Besar dan promosi dengan menampilkan bintang pop yang dijuluki sebagai Justin Bieber Tiongkok, demikian seperti dilansir kantor berita Reuters.