Plt Gubri: ASN Tak Mampu Bersaing di MEA Bersiaplah Tergeser

id plt gubri, asn tak, mampu bersaing, di mea, bersiaplah tergeser

Plt Gubri: ASN Tak Mampu Bersaing di MEA Bersiaplah Tergeser

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman memberi sinyal bahwa pihaknya bakal menggeser Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintah provinsi sebagai salah satu upaya dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

"Jika tidak ingin tergeser, maka ASN dilikungan Pemrov (Pemerintah Provinsi) Riau harus mampu bersaing dalam era berlakunya MEA yang dimulai tahun ini," katanya di Pekanbaru, Senin.

Arsyadjuliandi telah mewanti-wanti, agar ASN setempat segera meningkatkan kompetensi terutama dalam meningkatan serapan anggaran di masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemprov Riau.

Seperti diketahui, akhir tahun lalu plt gubernur Riau telah mengumumkan SKPD yang masuk dalam rapor merah dalam penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Riau tahun 2015.

Diantaranya Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Sumber Daya Air, Rumah Sakit Petala Bumi, Korps Pegawai Republik Indonesia (Kopri), Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah, Rumah Sakit Jiwa Tampan, Dinas Perikanan dan Kelautan serta Inspektorat.

Hal itu dilihat dari masih minimnya infrastruktur, kesehatan, pendidikan, perekonomian, kelistrikan dan lain-lain sebagai bertanda rendahnya serapan anggaran tahun 2015. Dari Rp11,387 triliun, hanya diserap Rp6,7 triliun dan menyisakan Rp4,7 triliun.

"Ini tak boleh terjadi tahun ini karena kita telah memasuki MEA. Provinsi Riau dan Provinsi Malaka sama-sama menghadapi MEA dan secara bersamaan mempromosikan sektor pariwisata. Bisa saja kepala Pariwisata Riau bersaing dengan kepala Pariwisata Malaka," ucapnya.

Memasuki MEA, menurut dia, mobilisasi manusia antara negara di kawasan Asia Tenggara meliputi barang dan jasa tidak bisa lagi dibendung oleh pemerintah karena pertumbuhannya menjadi tidak terbatas.

"Untuk menghadapi ini, maka kita lihat bahwa negara ASEAN sudah jauh hari mempersiapkan MEA. Kita pun sudah harus mulai persiapan untuk itu," terang Arsyadjuliandi.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Provinsi Riau Asrizal mengatakan, kemungkinan besar akhir bulan ini Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman bakal melakukan rotasi pejabat dan pelantikan eselon II dan III Pemprov Riau.

"Ini kan dalam rangka pelaksanaan kegiatan pemerintah dan pelayanan publik. Makanya 45 jabatan eselon III yang kosong itu akan segera kita isi," ucap