Persiapan MTQ Riau, LPTQ Bengkalis Lakukan TC Qori Dan Qoriah

id persiapan mtq, riau lptq, bengkalis lakukan, tc qori, dan qoriah

Persiapan MTQ Riau, LPTQ Bengkalis Lakukan TC Qori Dan Qoriah

Bengkalis, (Antarariau.com)- Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, kembali melakukan Training Center (TC) kepada Qori dan Qoriah Negeri Junjungan yang berprestasi pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Riau, Nopember 2015 lalu.

“Tujuan TC ini adalah untuk mendidik dan membina Qori dan Qoriah kita yang berhasil meraih juara I, II ataupun III, untuk menghadapi tes LPTQ Provinsi Riau sebagai salah satu langkah penentu apakah qori kita layak mewakili Riau pada MTQ tingkat Nasional yang kabarnya akan dilaksanakan di Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Juli tahun 2016 ini," ujar Ketua Harian LPTQ Kabupaten Bengkalis, H Arianto saat memimpin rapat bersama pengurus LPTQ Kabupaten Bengkalis, Selasa.

Ia mengatakan, agenda TC tersebut sesuai kesepakatan pengurus LPTQ yang akan dimulai awal Februari tahun 2016 mendatang dan diperkirakan TC tersebut akan dilaksanakan selama dua bulan.

"Memang qori dan qoriah terbaik kita saat ini tidak semuanya berada di Bengkalis. Ada yang masih menjalankan aktivitas perkuliahan di Pekanbaru maupun di Pondok Lemka Kota Sukabumi, Jawa Barat dan Bengkalis sendiri. Maka kemungkinan TC ini akan kita laksanakan di tiga tempat tersebut. Minimal dua tempat, Kota Bengkalis dan Kota Pekanbaru," kata Arianto.

Dengan adanya TC tersebut, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bengkalis ini berharap mampu membuahkan hasil yang bakal mengharumkan nama daerah, keluarga maupun qori dan qoriah itu sendiri, sebagai duta Provinsi Riau untuk MTQ tingkat Nasional tahun ini.

"Dukungan dan doa semua pihak sangat kita harapkan. Lewat prestasi yang sudah diukir anak-anak watan kita ini, tentunya kita tidak hanya puas sampai disini saja, dengan rasa syukur, kita akan berupaya terus dan terus melakukan pembinaan kepada qori qoriah terbaik yang ada di Kabupaten Bengkalis," ujar Arianto lagi.

Adapun qori dan qoriah terbaik yang akan mengikuti TC ini adalah cabang Tilawah Dewasa Putra, cabang Qiraat Quran golongan Putri, cabang Tilawah Anak-Anak Putra, cabang Syarhil Qur’an. Selanjutnya cabang Khat Quran, golongan Hiasan Mushaf Putra, golongan Naskah Putra, Golongan Naskah Putri dan golongan Kontemporer Putra.

Kemudian, cabang Menulis Makalah Ilmiah Quran (M2IQ) putra, cabang Tafsir Quran Bahasa Inggris putra dan terakhir cabang Tahfidz 5 juz putri. Kesemua ini merupakan cabang-cabang yang berhasil membawa Kabupaten Bengkalis ke peringkat 4 di MTQ Provinsi Riau tahun 2015.

(adv)