Pencuri Detonator PT RBH Belum Ketemu, Polres Inhu Masih Lakukan Pengejaran

id pencuri detonator, pt rbh, belum ketemu, polres inhu, masih lakukan pengejaran

Pencuri Detonator PT RBH Belum Ketemu, Polres Inhu Masih Lakukan Pengejaran

Rengat, (Antarariau) - Jajaran Polres kabupaten Indragiri Hulu, provinsi Riau membentuk tim dalam rangka mengejar pelaku pencurian di gudang bahan peledak milik perusahaan tambang batu bara PT Riau Bara Harum.

"Kami lakukan penyelidikan dan pengejaran terhadap pelaku," kata Kapolres Indragiri Hulu AKBP Ari Wibowo di Rengat, Selasa.

Ia mengatakan, setelah mengetahui peristiwa kemalingan itu, Polres Inhu langsung berkoordinasi dengan perusahaan untuk melakukan penyisiran dan pendataan di dalam gudang, diketahui, ada tiga ruang yang disasar maling yaitu Handak berisi Amonium Nitrat, Handak berisi Detonator dan gudang Handak berisi dinamit.

Pelaku untuk sementara diperkirakan lebih dari satu orang, mereka membawa kabur 332 unit Elektrik Detonator dan 975 unit Detonator lainnya.

"Kami juga berharap bantuan masyarakat," sebutnya.

Polres juga meminta agar masyarakat tetap hati-hati, jangan memberikan peuang dan kesempatan kepada pencuri melakukan aksinya setidaknya tetap waspada, namun jika ada yang mencurigakan sebaiknya segera mealporkanke pihak Kepolsian terdekat.

Humas Polres Yarmen Djambak menyebutkan, sejumlah aksi pencurian yang merugikan masyarakat itu selalu berimbas kepada ekonomi warga, dimana akibat pencurian bukan saja warga resah namun semangat kerja berkurang sesaat akibat kehilangan, namun Yarmen meminta warga tetap waspada dan menjaga agar aksi pencurian tidak terjadi lagi.

Data yang dirangkum dikepolisian, aksi pembobolan gudang bahan peledak itu diketahui setelah anggota Satuan Intelkam Polres Inhu melakukan pengecekan rutin.

PT RBH sendiri sudah tidak aktif beroperasi, bahkan gudangnya pun tidak dijaga oleh pihak scurity.

Warga Indragiri Hulu Yudian (53) mengatakan, aksi pencurian dan perampokan sudah mulai kembali marak di wilayah Inhu, terbukti adanya aksi pecah kaca mobil, hilangnya mobil di lingkungan rumah dan bahkan sejumlah barang eletronik dalam rumahpun ikut dibawa kabur pencuri.

"Saya berharap pihak kepolisian menempatkan personilnya di sejumlah tempat yang dinilai rawan," ujarnya.

Namun demikian, kesuksesan pihak Polres selama ini memberikan keamanan, kenyamanan di tengah masyarakat perlu diberikan apresiasi tinggi, pencurian di Gudang milik PT RBH adalah bagian keresahan warga.