Sekda Rohil Ingatkan Perawat Layani Pasien Dengan Baik

id sekda rohil, ingatkan perawat, layani pasien, dengan baik

Sekda Rohil Ingatkan Perawat Layani Pasien Dengan Baik

Bagansiapiiapi, Rohil (Antarariau.com) - Seluruh perawat di Kabupaten Rokan Hilir, Riau harus bisa belajar ramah dan mudah tersenyum saat melayani dan menghadapi pasien maupun keluarga pasien dengan baik, karena saat ini hal itu masih minim dan harus segera dimulai.

"Perawat itu tugas mulia sama dengan bidan, dokter dan guru. Hanya orang yang memiliki pekerjaan khusus saja yang mampu menjalankan tugas sebagai perawat dan menolong orang,' kata Sekda usai membuka acara Workhsop dan Seminar Keperawatan di Aula Hotel Grand, Bagansiapiapi, Selasa.

Menurutnya, dalam merawat pasien dan menghadapi keluarga pasien perlu sikap yang baik sehingga tidak ada yang tersinggung dengan pelayanan yang diberikan.

"Saya lihat kayaknya untuk senyum saja susah, padahal yang datang itu orang sakit dan keluarganya tentu sedang panik. Jadi mulailah dari sekarang untuk ramah dan menghadapi pasien dengan bijaksana," katanya.

Ia menilai, saat ini kebanyakan perawat yang menyelesaikan studi baik Diploma III maupun S1 kurang membaca dan memperbaharui ilmu. Padahal semakin bertambah zaman perkembangan ilmu termasuk keperawatan semakin bertambah pula.

Oleh sebab itu ia meminta agar perawat untuk tidak malas dalam membaca, hal ini bertujuan agar ilmu bisa semakin bertambah.

"Sekarang selesai kuliah tutup buku, ada yang memasang infus saja gemetaran, bagaimana mau jadi perawat," sindir Sekda.

Ia meminta apabila profesi mulai hari ini tidak sanggup untuk dijalankan agar memilih pekerjaan yang lain.

Ia mencontohkan di Rumah Sakit Umum

Daerah (RSUD) dr Pratomo Bagansiapiapi dimana ada alat pengecek darah yang rusak. Ini menandakan sumber daya manusia yang kurang sehingga alat tidak bisa digunakan.

"Memang ada direkturnya melapor ke saya dan saya kaget karena alat itu masih baru, inilah yang harus jadi pembelajaran kedepan agar jangan terulang lagi," katanya.

Selain itu, Sekda juga meminta agar perawat untuk terus memperbaharui Ilmu, melalui Workhsop dan seminar yang dilakukan.

"Perawat adalah orang yang merawat dan melayani pasien, jadi harus tahu dengan tugas dan kewajiban yang diberikan sesuai sumpah dan jabatan sebagai perawat," pesan Sekda.

(adv)

Oleh Dedi Dahmudi