Pemkab Bengkalis Mulai Evaluasi Ratusan Honorer yang Akan Dirumahkan

id pemkab bengkalis, mulai evaluasi, ratusan honorer, yang akan dirumahkan

Pemkab Bengkalis Mulai Evaluasi Ratusan Honorer yang Akan Dirumahkan

Bengkalis, (Antarariau.com)- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis, Provinsi Riau, saat ini mulai melakukan evaluasi terhadap ratusan tenaga honorer yang bakal dirumahkan atau dinonaktifkan.

"Saat ini, proses evaluasi sedang berjalan yang dikoordinir oleh Asisten Administrasi Umum," kata Kabag Humas Pemerintah Daerah Bengkalis, Johansyah Syafri di Bengkalis, Rabu (13/1).

Ia mengatakan, diperkirakan proses merumahkan para tenaga honorer tersebut akan tuntas sebelum kegiatan tahun 2016 ini dimulai.

Menurut Johan, honorer yang bakal dinonaktifkan ini adalah sebuah konsekuensi dalam pekerjaan, dan keputusan itu diambil dengan tujuan untuk mengefisienkan keberadaan honorer lewat data base dan ASN yang sudah ada.

"Terlebih lagi, dalam sebuah pekerjaan ada penghargaan dan sanksi, jika memang tenanga honorer ini tidak lagi dibutuhkan, maka pemberhentian perpanjangan kontrak dapat dilakukan," katanya.

Ia menjelaskan, keinginan untuk merumahkan para tenaga honorer ini adalah untuk honorer yang masuk dalam suatu kegiatan dari bagian tertentu, seperti honorer yang dibutuhkan saat banyaknya pekerjaan.

"Sedangkan untuk honorer dari data base, sejauh ini tidak ada persoalan dan tetap akan diperpanjang masa kontraknya," ujar Johan lagi.

Sementara itu, Penjabat Bupati Bengkalis, Ahmad Syah Harrofie juga telah menegaskan akan merumahkan para tenaga honorer di pemerintah Kabupaten Bengkalis yang dinilai kinerjanya kurang.

"Beberapa waktu lalu, kita banyak sekalis mendapat laporan dari teman-teman lembaga swadaya masyarakat bahwa banyak tenaga honorer, khususnya di sekretariat daerah bengkalis yang kurang efektif dan dinilai hanya membembani anggaran daerah, makanya keberadaan mereka pada tahun 2016 akan dievaluasi," kata Ahmad Syah di Bengkalis, Rabu.