Kuansing Kekurangan Rp300 Miliar untuk Bangun Infrastruktur, Maukah Pemprov Membantu?

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau membutuhkan dana lebih dari Rp300 miliar untuk peningkatan dan pembangunan sejumlah infrastruktur di daerah selain menggunakan APBD II tahun 2016.
        
"Dana itu sudah diusulkan ke provinsi," kata Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kuantan Singingi (Kuansing) Aswandi di Teluk Kuantan, Kamis.
        
Ia mengatakan, dana sebesar itu untuk kegiatan berbagai sektor yakni pendidikan, kesehatan, pariwisata dan peningkatan jalan sehingga Kuansing akan lebih maju dan masyarakat lebih sejahtera.
        
Pemerintah daerah Kuansing juga memprogramkan peningkatan jalan litas khususnya Rengat - Kuansing dan Teluk Kuantan - Sumatra Barat serta Kuansing - Kampar.
        
"Kami berharap provinsi merealisasikannya," sebutnya.
        
APBD Riau yang sudah turun ke Kuansing baru mencapai Rp60 miliar, dana itu utnuk kegiatan apa masih menunggu dasar hukumnya, namun sebagai daerah tentunya mensyukuri dan memberikan apresiasi tinggi atas perhatian pihak provinsi.
        
Bupati Kuansing Sukarmis menyebutkan, bahwa selama kepemimpinannya daerah Teluk Kuantan harus maju dan berkembang, masyarakat semua sejahtera sudah tidak lagi hidup di bawah garis kemeiskinan.
        
Bupati Kuansing untuk lima tahun mendatang kan melanjutkan program pemerintah yang masih belum rampung dan melanjutkan apa yang telah di rencanakan, namun demikian tentnya ada perubahan yang mengarah kepada daerah Kuansing lebih jaya.
        
"Lobi ke provinsi dan pusat terus diupayakan dalam rangka meraih dana untuk daerah," ujarnya.
        
Dosen Universitas Islam Kuantan Singingi (UNIKS) Ir Nariman Hadi MM mengatakan, tahun 2016 adalah tahun perubahan di Kuansing selain karena akan dipimpin Bupati baru juga bakal ada perubahan program periritas pembangunan.
        
"Bupati terpilih bakal membuat terobosan baru agar masyarakat lebih sejahtera," ujarnya.
        
Lobi pemerintah daerah ke tingkat provinsi sudah berhasil selama ini, APBD Riau jumlahnya sudah besar masuk ke Kuansing, namun kedepan diharapkan lebih besar lagi agar program pembangunan lebih optimal.