Berinisiatif Buat Sekat Kanal Antisipasi Karhutala, Kapolda Riau Apresiasi Dumai

id berinisiatif buat sekat kanal antisipasi karhutala kapolda riau apresiasi dumai

Berinisiatif Buat Sekat Kanal Antisipasi Karhutala, Kapolda Riau Apresiasi Dumai

Dumai, (Antarariau.com) - Kapolda Riau Brigjen Pol Dolly Bambang Hermawan memuji Polres Dumai atas inisiatif memasang puluhan blok kanal di sejumlah titik rawan kebakaran hutan dengan menggandeng pemerintah daerah, perusahan dan masyarakat.

"Sudah ada sekitar 40 sekat kanal terpasang di sejumlah titik dan langkah ini patut mendapat apresiasi karena kita berharap lahan tetap basah," kata Kapolda saat meresmikan bangunan Kantor Polsek Dumai Kota, Jumat.

Dia menyebutkan, pemasangan sekat kanal diperlukan agar lahan gambut yang mudah terbakar tetap basah dan menyediakan sumber air untuk langkah pemadaman jika terjadi kebakaran.

Selain itu, pembuatan blok kanal juga merupakan langkah antisipasi semua pihak melakukan pencegahan dari potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di tahun ini.

"Informasi BMKG bahwa kita akan menghadapi tantangan berat tahun ini, yaitu elnino yang berkepanjangan, karena itu diharapkan semua pihak untuk mengantisipasi dini kebakaran hutan dengan kegiatan pencegahan," terangnya.

Upaya pencegahan, menurut dia, lebih baik dilakukan lebih awal sebelum nanti akan bekerja keras melakukan penindakan, karena kebakaran hutan lahan disebabkan faktor manusia yang lalai dan tidak disengaja.

Pimpinan Polri juga telah intruksikan agar Babinkantibmas galakkan pemasangan sekat kanal di wilayah masing masing, terutama di lokasi rawan dengan mengajak kesadaran perusahaan dan masyarakat setempat.

Disamping itu, Kapolda Riau berjanji akan menindak tegas pelaku pembakar lahan dengan proses hukum, baik perusahaan atau perorangan, dan seluruhnya akan ditindak tanpa tebang pilih jika terbukti.

"Kita akan tindak tegas siapa saja yang terlibat pembakaran lahan," tegas dia.

Kapolres Dumai AKBP Suwoyo mengaku di awal 2016 ini sudah menangani tiga perkara kebakaran hutan dan lahan dengan empat tersangka yang sudah diamankan.

"Januari ini sudah ada empat hektar lahan terbakar, dan kita mengimbau masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar supaya terhindar dari karhutla yang berdampak buruk pada lingkungan," harap dia.