Cegah Karhutla, Polres Bengkalis Teken Mou dengan Dua Perusahaan HTI

id cegah karhutla, polres bengkalis, teken mou, dengan dua, perusahaan hti

Cegah Karhutla, Polres Bengkalis Teken Mou dengan Dua Perusahaan HTI

Bengkalis, (Antarariau.com)- Untuk mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) sejak dini, Polres Bengkalis bersama perusahaan Hutan Tanaman Industry (HTI) dan HGU Hutan tandatangani nota kesepahaman atau MoU.

"Penandatangan MoU ini merupakan upaya kita untuk mengikat perusahan HTI dan HGU Hutan untuk turut serta dalam penanganan kemungkinan terjadi kebakaran hutan dan lahan di daerah Bengkalis," kata Kapolres Bengkalis AKBP Aloysius Supriyadi kepada Wartawan usai penandatanganan MOU, Jumat (15/1).

Ia mengatakan, saat terjadi kebakaraan hutan, sering terjadi konflik antara masyarakat dan perusahaan.

"Pengalaman sebelumnya pernah terjadi konfilk akibat kebakaran lahan terjadi di perkebunan masyarakat, namun wilayah perkebunan termasuk dalam wilayah perusahaan, sehingga terjadi konflik dan saling menyalahkan sehingga pemadaman sulit dilakukan," katanya menjelaskan.

Untuk itu katanya, dengan MoU diharapkan konflik yang dulu terjadi pada masa akan datang tidak akan terjadi lagi.

Ia menjelaskan, dengan MoU nantinya masyaakat dan perusahaan saling bergotong royong melakukan pencegahan maupun pemadaman api jika terjadi kebakaran.

“Dalam MoU tersebut perusahaan yang beroperasi di wilayah Bengkalis harus membantu masyarakat untuk membuat blocking Kanal dan Embung air sebagai sumber air saat musim kemarau yang rawan kebakaran nantinya,” katanya.

Menurut kapolres, Blocking kanal berguna untuk menahan sumber air yang ada di tanah agar tidak habis dan kering jika musim kemarau. Sementara embung air untuk menampung dan sumur air sebagai cadangan.

Penandatanganan secara simbolis dilakukan kapolres Bengkalis bersama dua perusahaan yang memiliki izin secara resmi di Kabupaten Bengkalis.

Dua perusahaan yang mewakili perusahaan yang ada di daerah itu adalah PT. Sakato Pratama Makmur dan BBHA.

(adv)