Wisata Bahari Kota Padang, Perlu Keseriusan Pemko Dalam Pembangunan Pariwisata

Oleh Ilhamdi Bagus

Padang, 15 Januari 2016 (Antarariau.com) - Liburan tahun baru sudah usai,  euforia beserta minat akan keindahan alam bahari Kota Padang tidak akan pernah usai. Jorong Sungai Pisang di Kelurahan Teluk Kabung Selatan merupakan sebuah jorong yang secara administratif berada di Perbatasan Kota Padang dan Kabupaten Pesisir Selatan. 

Pada edisi liburan seperti ini apa lagi pada tahun baru kemaren Jorong Sungai Pisang merupakan tujuan utama dari banyaknya penikmat wisata bahari, karena pada daerah ini kita akan bisa melintasi pulau–pulau indah yang sedang hangat dibicarakan di Sumatera Barat, seperti Pulau Pasumpahan, Pamutusan, Pagang dan bahkan Beach Club Resort yang lagi trending media instagram yaitu Suwarnadwipa bisa kita seberangi dari daerah Sungai Pisang.

Banyak kendaraan pribadi asal lokal bahkan sampai dari luar provinsi seperti Riau dan Jambi juga berkunjung ke Jorong Sungai Pisang untuk bisa menikmati keindahan wisata bahari lebih dekat.

Tapi berdasarkan pendapat dari beberapa pengemudi tersebut akses jalan menuju Jorong Sungai Pisang sangat jelek sekali dan bahkan bisa dikatakan belum tersentuh program perbaikan jalan oleh pemerintah. Banyaknya keluhan dari pengemudi tersebut sebenarnya sudah juga diketahui oleh penduduk Sungai Pisang. Tapi apa daya berdasarkan penuturan salah seorang warga, kita hanya jorong yang jauh dari pusat kota dan pembangunannya juga sangat minim.

Hal senada juga disampai oleh salah satu pelaku usaha dari Ampek Kato Adventure yang menyediakan perjalanan trip menuju pulau. lhamdi Bagus menyampaikan kondisi akses jalan ini sudah dia ketahui jelek dari awal tahun 2013. Dan ketika saya baru di Sungai Pisang sampai sekarang belum terjadi pembangunan fasilitas nan jelas di daerah ini, palingan hanya perbaikan pada beberapa titik, itupun berdasarkan swadaya masyarakat dari jorong sungai pisang sendiri.

Kemaren saya juga bertanya dan berdiskusi dengan orang tua angkat saya di Sungai Pisang sebut saja nama pulau berdasarkan penuturan beliau perbaikan jalan di daerah Sungai Pisang akan dilakukan oleh Pemko Padang pada tahun 2016 ini, mendengar penuturan dari beliau saya sangat berharap kebenarannya program tersebut agar terciptanya pembangunan daerah yang sangat potensial pariwisata di Kota Padang ini.

loading...