Pintu Waduk PLTA Koto Panjang Dibuka, Sungai Kampar Meluap

id pintu waduk, plta koto, panjang dibuka, sungai kampar meluap

Pintu Waduk PLTA Koto Panjang Dibuka, Sungai Kampar Meluap

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Riau menyatakan ribuan rumah di Kabupaten Kampar tergenang banjir akibat meluapnya Sungai Kampar setelah pembukaan pintu waduk PLTA Koto Panjang.

"Karena pembukaan pintu Waduk PLTA Koto Panjang, bencana banjir terjadi pada Jumat malam, 15 Januari pukul 23.00 WIB di sepanjang daerah aliran Sungai Kampar," kata Kepala BPBD Provinsi Riau, Edward Sanger kepada wartawan di Pekanbaru, Sabtu.

Ia mengatakan ketinggian air di perumahan warga rata-rata mencapai 50 hingga 80 sentimeter. BPBD mengirimkan bantuan kepada warga yang terpaksa mengungsi.

"Tenda dua unit dibantu di Desa Tanjung Rambutan dan Desa Rumbio, Kecamatan Kampar," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Sugarin, mengatakan curah hujan masih cukup tinggi dengan intensitas ringan hingga sedang. "Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai dengan petir dan angin kencang terjadi di sebagian besar wilayah Riau pada pagi, siang atau sore dan malam hari," kata Sugarin.

Menurut dia, potensi hujan akan tinggi hingga akhir bulan Januari, sedangkan pada Februari di Riau diprediksi akan mengalami kondisi kering.

"Hujan akan banyak sampai akhir Januari, setelah itu akan kering terutama di daerah pesisir Riau," katanya.