Kampar Timur, (Antarariau.com) - Gerakan Pramuka 04.03 Kwartir Cabang Kabupaten Kampar meninjau dan memberikan bantuan untuk masyarakat korban "/>

Pramuka Kwarcab Kampar Bantu Korban Banjir

Kampar Timur, (Antarariau.com) - Gerakan Pramuka 04.03 Kwartir Cabang Kabupaten Kampar meninjau dan memberikan bantuan untuk masyarakat korban banjir di Desa Pulau Rambai

"Bentuk kepedulian pramuka terhadap masyarakat yang menjadi korban banjir memberikan bantuan sembako berupa beras, telur dan cabai untuk kebutuhan disana," kata Ketua Kwarcab Kampar, Eva Yuliana, Minggu (17/1).

Bantuan itu secara simbolis diserahkan oleh Wakabid Abdimas dan Humas Netty Mindrayani bersama Bendahara, Irma Suryani dan Pengurus Dewan Kerja Cabang. Bantuan itu diterima Ketua RW 2 Dusun I Desa Pulau Rambai, Mansur.

Sementara Eva Yuliana memantau serta memberikan bantuan korban banjir ke lokasi lain bersama Bupati Kampar, Jefry Noer, "Pramuka berbagai tugas di titik lokasi banjir, bantu masyarakat disana, inilah fungsi tugas
keberadaan pramuka sampai tingkat ranting," ujar Eva

Selain memberikan bantuan, Pramuka juga membuka dapur umum bekerjasama dengan Badan Pelaksana Penanggulangan Bencana Daerah (BPPBD) serta turut membantu memasak nasi untuk kebutuhan makan masyarakat disana.

"Sedikitnya ada 290 rumah masyarakat di sini yang terendam banjir secara serentak sejak Sabtu pukul 15.00 WIB," kata Mansur.

Akibat banjir, bukan cuma rumah yang terendam, tetapi juga sekolah-sekolah. Diantaranya SDN 002, MTs Muhammadiyah Pulau Rambai, Masjid, Surau, kebun masyarakat, Kandang ternak dan fasilitas umum lainnya.

Ketinggian air mencapai di atas lutut orang dewasa. Meski banjir, namun masyarakat disana malah bermain di air banjir, berenang dan mencuci ikan, cuci baju dan mandi di depan rumah mereka sendiri.

Masyarakat di sana mengamankan harta benda mereka seperti sepeda motor di Balai Desa, dan perabot mereka terpaksa dibiarkan basah, hanya dokumen-dokumen penting yang diamankan diatas lemari.

Warga desa di sana, Zakaria menghimbau kepada masyarakat lain dapat
(adv)