Gol Rooney Menangkan MU dan Pecahkan Rekor Gol Klub Tunggal

Jakarta (Antarariau.com) - Wayne Rooney mencetak rekor pencetak gol terbanyak untuk satu tim saat Manchester United membungkam tuan rumah Liverpool 1-0 pada Liga Utama Inggris pekan ke-22 di Stadion Anfield, Minggu.

Wayne Rooney mencetak gol ke-176 untuk Manchester United mengalahkan torehan 175 gol dari legenda Arsenal Thierry Henry.

Rooney membobol gawang Mingnolet setelah 11 tahun selalu gagal mencetak gol di Anfield saat pertandingan memasuki menit 78 melalui tendangan voli yang keras memaksimalkan bola tandukan Fellaini yang membentur mistar gawang.

Manchester United pun berhak naik satu tingkat ke peringkat lima dengan 37 poin menggeser West Ham yang mengemas 35 poin, sementara Liverpool belum bergerak dari peringkat sembilan klasemen sementara.

Liverpool menciptakan peluang perdana lewan umpan panjang yang diterima Lallana untuk berduel satu lawan satu melawan De Gea namun tidak berbuah gol karena bola ditepis penjaga gawang Spanyol itu pada menit 10.

James Milner mengemas peluang kedua The Reds lewat umpan panjang dari sayap kiri Liverpool namun juga tidak berbuah gola karena sepakannya melambung.

Liverpool kembali mengancam gawang MU lewat kerja sama umpan pendek Lucas kepada Lallana kemudian diteruskan Firminho kepada Henderson namun yidak berbuah gol karena sepakan kapten Liverpool itu menyamping ke sisi kanan pada menit 30.

Pada babak kedua, kerja sama segitiga Henderson, Lallana dan Firminho hampir mengantarkan Liverpool unggul jika bola tidak ditepis De Gea dan menghasilkan sepak pojok pada menit 50.

Pada awal babak kedua sejumlah bek Liverpool mencoba naik menyerang guna menyambut umpan-umpan silang dari sayap.

MU akhirnya memliki peluang saat Martial berhasil lolos dari penjagaan bek Liverpool untuk melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti namun tidak juga menjadi gol pada menit 55.

10 menit kemudian De Gea melakukan penyelamatan ganda usai menepis sepakan Emre Can dan Lallana akibat buruknya antisipasi Borthwick-Jackson.

Van Gaal akhirnya memasukkan Juan Mata menggantikan Jesse Lingard yang kesulitan memberikan umpan kepada Rooney akibat padatnya lini tengah Liverpool.

Fellaini diganjar kartu kuning akibat menjegal Henderson dengan sengaja ketika sedang memainkan bola upan pendek dengan Lallana pada menit 75.

Rooney akhirnya memecah kebuntuan saat sepakan voli kerasnya dari dalam kotak penalti tidak mampu dijangkau Mingonet. Gol ini bermula dari umpan silang Mata yang ditanduk Fellaini namun bola membentur tiang dan jatuh di kaki Rooney pada menit 78.

Statistik di situs Liga Utama Inggris mencatat Liverpool unggul penguasaan bola 53 berbanding 47 persen dengan empat sepakan ke gawang. Namun MU bermain begitu efektif dengan satu sepakan on target dan berbuah gol.

Susunan pemain kedua tim dilansir dari situs resmi Liverpool:

Liverpool:
Mignolet, Clyne, Toure (Benteke), Sakho, Moreno, Lucas, Can, Henderson, Milner (Caulker), Lallana (Jordon Ibe), Firmino.

Man Utd: De Gea, Young (Borthwick-Jackson), Smalling, Blind, Darmian, Schneiderlin, Fellaini, Lingard (Mata), Herrera (Depay), Martial, Rooney.

loading...