BPBD Bengkalis Buat 8 Sumur Untuk Setiap Desa Rawan Karhutla

id bpbd bengkalis, buat 8, sumur untuk, setiap desa, rawan karhutla

BPBD Bengkalis Buat 8 Sumur Untuk Setiap Desa Rawan Karhutla

Bengkalis, (Antarariau.com)- Untuk mengantisipasi terjadinya Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla) Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD- Damkar) Kabupaten Bengkalis bangunkan 106 sumur.

Kepala BPBD Damkar , Mohd Jalal mengatakan hingga saat ini, sudah 106 sumur yang dibangun BPBD bersama masyarakat setempat untuk mangantisipasi karhutla dimusim panas panjang.

"Tahun 2013 lalu ada 40 sumur yang telah kita buat khusus di Hulu Pulau, tahun 2014 ada 64 sumur, sementara yang di bangun PU ada 2 yaitu di sungai linau dan jurong,” kata Mohd Jalal dalam keterangannya di Bengkalis, (18/1).

Ia mengatakan, satu desa ada 8 sumur dan kedalaman sumur yang dibangun tersebut juga berfariasi di beberapa desa di Kabupaten Bengkalis.

Menurut Mohd Jalal, keberadaan sumur tersebut akan membantu mengantisipasi dalam memadam kebakaran, terlebih kebakaran yang jauh masuk ke perkebunan maupun hutan.

Ia menjelaskan, tahun ini, kemarau panjang (El Nino) kemungkinan besar akan terjadi hingga Oktober 2016 mendatang, sehingga akan berdampak dengan rawan terjadinya kebakaran.

“Semua sumur yang telah ada tersebut berkat kerjasama antara BPBD dan masyarakat Kabupaten Bengkalis, jadi masyarakat kita menyediakan lahannya, kita menyiapkan biaya operasi penggalian," katanya.

Ia mengatakan, saat ini semua sumur yang dibangun dalam keadaan normal, terlebih lagi dalam dua hari terakhir terjadinya gerimis dan hujan di daerah itu, dan air sumur itu guna mengantisipasi ancaman karhutla tahun ini.

(adv)