UNRI Sepakati Kerjasama Lakukan Penelitian Aplikasi Semen Padang

id unri sepakati kerjasama lakukan penelitian aplikasi semen padang

UNRI Sepakati Kerjasama Lakukan Penelitian Aplikasi Semen Padang

Padang, (Antarariau.com) - PT Semen Padang menyepakati kerja sama dengan Universitas Riau (Unri) dan Institut Teknologi Padang (ITP) dalam bidang penelitian dan pengembangan teknologi.

"Kami berharap kerja sama ini memberi manfaat kepada kedua pihak dalam pengembangan penelitian dan teknologi sehingga tercipta sinergi yang menguntungkan," kata Direktur Utama PT Semen Padang, Benny Wendry di Padang, Senin.

Ia menyampaikan hal itu usai menandatangani nota kesepahaman dengan Rektor Unri, Prof Aras Mulyadidan dan Wakil Rektor III ITP Agus di Wisma Indarung.

Benny mengatakan sebagai perusahaan BUMN, PT Semen Padang membuka diri terhadap kerja sama dengan berbagai pihak termasuk dunia pendidikan, baik dalam bentuk magang, penelitian dan lainnya

"Kerja sama ini tidak hanya terbatas untuk mahasiswa, namun juga dosen, kalau ada penelitian-penelitian dari UNRI mengenai pengembangan produk semen, kami terbuka," ujarnya.

Ia juga berharap Unri melakukan penelitian aplikasi semen, menggelar seminar-seminar tentang "product knowledge" sehingga dapat membantu Semen Padang dalam pengembangan pasar.

"Kalau dari perguruan tinggi yang menyampaikan informasi, konsumen akan percaya, karena perguruan tinggi merupakan institusi yang kredibel," katanya.

Ruang lingkup kesepahaman tersebut meliputi bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat serta pengembangannya, antara lain menyelenggarakan kemitraan dalam pelaksanaan penelitian terhadap mutu semen dan turunannya sesuai dengan kompetensi dan sumber daya kedua belah pihak.

Kedua, pelaksanaan kegiatan akademik dan pengembangan keilmuan untuk mendukung fungsi dan kinerja kedua pihak.

Kemudian pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan kebijakan dam kemampuan kedua pihak.

Rektor Unri, Prof Aras Mulyadi berharap melalui kerja sama tercipta sinergi dengan Semen Padang sebagai industri.

Menurutnya Semen Padang dipilih sebagai mitra dalam kerja sama, karena pihaknya mengetahui komitmen perusahaan itu tidak hanya mengedepankan laba, namun juga pelestarian lingkungan hidup dan pemberdayaan masyarakat

"Semen Padang juga merupakan perusahaan semen pertama dan tertua di Indonesia. Ini dapat menjadi tempat belajar bagi kami, terutama jurusan-jurusan yang ada hubungannya dengan teknik," tambahnya.