Bengkalis, (Antarariau.com)- Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, berharap Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kabupaten "/>

LPTQ Bengkalis Harapkan MTQ Tingkat Kabupaten Dilaksanakan Sebelum Bulan Puasa

Bengkalis, (Antarariau.com)- Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, berharap Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kabupaten dilaksanakan sebelum bulan puasa.
     
“Kami meminta pemerintah daerah dapat menyegerakan pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Bengkalis yang akan diselenggarakan di Kecamatan Rupat Utara dilaksanakan sebelum bulan puasa," kata Ketua LPTQ Kabupaten Bengkalis, Arianto di Bengkalis, Senin.
     
Ia mengatakan, untuk tahun ini pelaksanaan MTQ tidak lagi dikelola oleh pihak LPTQ,  namun langsung dikelola dari pemerintah daerah sedangkan LPTQ hanya fokus pada pembinaan qori dan qoriah.
     
Menurut dia, sebagai lembaga pembinaan, qori-qoriah berprestasi di tingkat Kabupaten merupakan tanggung jawab LPTQ untuk menggembleng dan membina para peserta sebelum menuju ketingkat Provinsi.
     
"Kita fokusnya untuk pembinaan. jika MTQ Kabupaten dilaksanakan berdekatan dengan waktu pelaksanaan MTQ Provinsi, dikhawatirkan pembinaan yang berikan kurang efektif karena keterbatasan waktu," katanya.
     
Jika MTQ Kabupaten dilaksanakan sebelum bulan suci ramadhan, lanjutnya lagi, maka LPTQ berkesempatan untuk membina qori dengan waktu lebih banyak sebelum MTQ Provinsi Riau dilaksanakan.
     
Ia menjelaskan, disegerakannya pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Bengakalis merupakan salah satu langkah untuk memberikan kesempatan kepada qori-qoriah berprestasi memperdalam ilmu dan semakin mengasah kemampuan yang ada lewat pembinaan dari LPTQ dari pelatih.
(adv)