Singa Afrika Kebun Binatang Kasang Kulim Mati Sudah 2 Bulan

id singa afrika kebun binatang kasang kulim mati sudah 2 bulan

Singa Afrika Kebun Binatang Kasang Kulim Mati Sudah 2 Bulan

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Seekor singa jantan berusia lebih 20 tahun koleksi Kebun Binatang Kasang Kulim Kabupaten Kampar Provinsi Riau dikabarkan mati setelah mengalami sakit selama berbulan-bulan.

"Kematiannya diketahui penjaga kebun binatang sejak dua bulan lalu," kata Alim (19), seorang kusir delman yang beroperasi di dalam Kebun Binatang Kasang Kulim, Senin.

Alim yang bekerja sebagai kusir dalam kebun binatang tersebut menceritakan, kematian Simba sebelumnya cukup mengejutkan. Sebelumnya dia katakan, singa jantan tersebut sempat jatuh sakit selama lebih dua bulan.

"Sempat mulai pulih kondisinya, tapi kemudian kembali sakit dan akhirnya mati," kata Alim.

Junaidi, pawang Singa Afrika Kebun Binatang Kasang Kulim mengatakan, kuat dugaan kematian hewas buas itu akibat penyakit tua.

"Umurnya sudah lebih 20 tahun, bahkan sudah ada di kebun binatang ini sejak pertama dibuka," kata dia.

Laman Wikipedia menyebut, singa adalah seekor hewan dari keluarga felidae atau jenis kucing. Singa merupakan hewan yang hidup dalam kelompok. Biasanya terdiri dari seekor jantan dan banyak betina.

Berat Singa jantan bisa mencapai 150-250 kilogram, sedangkan singa betina beratnya 120-185 kilogram. Satwa predator itu bisa hidup mencapai 10 sampai 15 tahun di hutan, sedangkan jika dipelihara bisa sampai 20 tahun lebih.

Populasi Singa Afrika kini juga terus menurun karena perburuan dan makin sempitnya wilayah hidup mereka karena populasi manusia makin bertambah.

Dalam jurnal Biodiversity and Conservation beberapa tahun lalu, jumlah singa yang ada di sabana Afrika kini berkurang drastis.

Hanya 32.000-35.000 ekor yang tersisa pada 2012. Polulasi singa menurun drastis dibandingkan lima dekade yang lalu di tahun 1960-an, para ilmuwan mengestimasi singa Afrika mencapai 100.000 ekor.

Dari 67 area terisolasi di seluruh Benua Afrika dimana singa masih bisa bertahan hidup, hanya sepuluh yang memenuhi syarat, yakni area tersebut berlokasi empat di timur dan enam di selatan Afrika.