Gitaris Band dengan Lagu Hotel California, Glenn Frey Tutup Usia

Jakarta (Antarariau.com) - Gitaris dan salah satu pendiri dari band Eagles, Glenn Frey, meninggal dunia pada usia 67 tahun akibat komplikasi penyakit radang sendi, radang usus besar akut, dan radang paru-paru.

Sebagaimana dikutip dari TMZ, Selasa, Frey telah berjuang melawan penyakit ususnya selama berbulan-bulan dan menjalani operasi pada November. Kondisinya dikabarkan semakin memburuk hingga akhirnya menghembuskan napas terakhir di New York City.

"Kata-kata tidak cukup menggambarkan kesedikan kami, serta cinta dan penghormatan atas semua yang ia berikan pada kami," demikian pernyataan dari band, dikutip dari BBC.

Frey turut menulis dan menyanyikan sejumlah hits Eagles seperti "Take It Easy," "Tequila Sunrise," "Lyin Eyes," dan "Heartache Tonight." Dia juga turut menulis lagu "Hotel California" and "Desperado" bersama Don Henley yang membawa band tersebut berhasil meraih enam penghargaan Grammy Awards dan kemudian masuk dalam Rock and Roll Hall of Frame pada 1998.

Saat Eagles bubar pada 1980, Frey memutuskan bersolo karier dan meluncurkan hits-nya termasuk "The Heat Is On" dan "You Belong to the City." Frey juga menjajal dunia akting dan bermain di "Miami Vice".

Pada tahun 1994, ia bergabung kembali dengan reuni Eagles setelah 13 tahun band tersebut bubar dan menjalani rangkaian tur "Hell freezes Over" serta kembali rekaman, serta merilis album solo-nya yang kelima dan terakhir berjudul "After Hours" pada 2012.

Frey yang telah berjuang melawan penyakitnya sempat drop sehingga membuat Eagles terpaksa membatalkan penampilan mereka di Kennedy Center Honors pada Desember lalu. Ia harus menjalani operasi besar dan membutuhkan pemulihan dalam waktu yang lama.

"Dia seperti saudara bagiku, kami adalah keluarga dan seperti kebanyakan keluarga, ada kalanya hubungan kami tidak berjalan baik. Tetapi ikatan kami yang sudah terjalin sejak 45 tahun lalu tidak pernah rusak," ujar vokalis dan drummer band Eagles, Don Henley. "Kami bersama-sama telah membangun sesuatu yang lebih lama dari yang bisa orang lain bayangkan. Dan Glenn yang memulai semuanya itu," tambahnya.

loading...