Sutradara Kulit Hitam ini Boikot Piala Oscar, Ini Alasannya

Jakarta (Antarariau.com) - Sutradara Afrika-Amerika Spike Lee dan aktris Jada Pinkett Smith menyatakan memboikot upacara ajang penghargaan perfilman terbesar Academy Awards atau Oscar yang akan digelar bulan depan karena para aktor berkulit hitam terlempar dari nominasi.

Dari nominasi Oscar yang telah dirilis Kamis pekan lalu, terlihat semakin sedikitnya pemeran berkulit hitam dalam dua tahun terakhir ini. Ketiadaan nominasi berkulit hitam itu mendorong munculnya tagar #OscarSoWhite di Twitter pada 2015.

Lee, sutradara dari sejumlah film termasuk "Do the Right Thing" dan Chi-Raq" ini mengatakan pengumuman keputusan boikotnya itu bertepatan dengan hari libur nasional memperingati pemimpin pembela hak-hak sipil, Martin Luther King Jr.

"Bagaimana mungkin sampai dua tahun berturut-turut 20 nomine kategori aktor berkulit putih semua? Dan bahkan tidak pada kategori lainnya," tulis Lee yang disambung dengan tagar #OscarSoWhite, sebagaimana dilansir Reuters, Selasa.

"40 aktor kulit putih dalam kurun waktu dua tahun dan "tidak ada warna" sama sekali. Apakah kita tidak bisa berakting?!" tulis sutradara yang diganjar penghargaan Honorary Oscar November tahun lalu.

Ia menambahkan keputusannya memboikot bukan berati tidak menghormati pembawa acara Chris Rock dan produser acara Reginald Hudlin yang keduanya berkulit hitam serta pejabat Academy of Motion Pictures Arts and Sciences.

Pinkett Smith, aktris yang dua kali berlaga dalam "Matrix" juga mengatakan tidak akan menghadiri perayaan Oscar 28 Februari mendatang.

"Mungkin sudah saatnya kami menarik kembali orang-orang kami dan menempatkan kembali pada komunitas kami dan kami membuat program untuk diri kami sendiri yang mengakui kami dengan cara yang tepat, yang sama baiknya dengan yang disebut mainstream," katanya pada video yang diposting ke Facebook.

Suaminya, Will Smith yang membintangi "Concussion" dan Idris Elba yang bermain sebagai panglima perang Afrika di "Beasts of No Nation" adalah aktor-aktor kulit hitam yang tidak masuk jajaran nomine Oscar tahun ini.

Pemain dan sutradara dari "Straight Outta Compton" juga tidak ada dalam daftar nominasi.

Pernyataan boikot Oscar bergulir setelah film komedi "Ride Along 2" yang dibintangi aktor kulit hitam Ice Cube dan Kevin Hart menggeser "Star Wars: The Force Awakens" pada puncak box office akhir pekan ini.

loading...