Pekanbaru, (Antarariau.com) - Badan Pusat Statistik (BPS) Riau, mencatat bahwa persentase penduduk berumur 15 tahun ke atas yang "/>

Kabupaten dengan Penduduk Terbanyak Buta Huruf di Riau Adalah Pelalawan

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Badan Pusat Statistik (BPS) Riau, mencatat bahwa persentase penduduk berumur 15 tahun ke atas yang buta huruf menurut  kabupaten dan kota terbanyak berasal dari Kabupaten Pelalawan yakni 3,02 persen.
         
"Untuk persentase kedua terbesar penduduk yang buta huruf Kepulauan Meranti yakni 2,45 persen," kata Kepala BPS Provinsi Riau, Mawardi Arsad, dalam keterangannya di Pekanbaru, Selasa.
         
Ia menyebutkan itu bagian dari produksi buku Selayang Pandang Kesejahteraan Rakyat Provinsi Riau 2015, yang merupakan ringkasan dari publikasi Statistik Kesejahteraan Rakyat Provinsi Riau 2015  yang diterbitkan secara tahunan oleh BPS.
         
Menurut dia, publikasi ini berdasarkan data yang dikumpulkan dari Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2014, yang dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia.
         
"Data yang disajikan pada publikasi ini umumnya adalah angka persentase dari suatu populasi yang dipilah menurut kabupaten/kota dan tipe daerah, sehingga pengguna data dapat mengetahui perbedaan tingkat kesejahteraan antar wilayah," katanya.
         
Mawardi mengatakan, persentase terendah penduduk berumur 15 tahun ke atas yang buta huruf adalah Kota Dumai yang tercatat sebesar 0,16 persen.
         
Untuk Kota Pekanbaru presentase penduduk yang buat huruf mencapai 0,56, Kabupaten Rokanhilir 1,54, Bengkalis 1,41, Kabupaten Rokan Hulu 0,81, Kabupten Kampar 1,19, Kabupaten Siak 1,97, Kabupaten Inderagiri Hilir 0,86, Kabupaten Inderagiri Hulu 1,54, dan Kuantan Singingi 1,56.
 
 

loading...