Rokan Hilir, (Antarariau.com) - Para petani di Kecamatan Kubu, Kabupaten Rokan Hilir tahun ini mendapat bantuan dari APBN "/>

Berhasil Perluas Areal Pertanian, Rohil Dapat Bantuan APBN

Rokan Hilir, (Antarariau.com) - Para petani di Kecamatan Kubu, Kabupaten Rokan Hilir tahun ini mendapat bantuan dari APBN melalui Balai Sumber Daya Air Provinsi Riau berupa normalisasi primer sepanjang 10 kilometer, sekunder 20 kilometer, serta pembangunan pintu air sebanyak tiga unit. dan

Kemudianjuga untuk jembatan usaha tani di Kepenghuluan Teluk Piyai, Kecamatan Kubu yang hamparan sawahnya mencapai 1500 hektar.

Bukan hanya itu, untuk mendukung program pengembangan pangan khususnya padi, melalui APBN juga dialokasikan kegiatan jajar legowo (jarwo) seluas 1500 hektar melalui Dinas Pertanian. 

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Rohil Muslim mengatakan, lahan seluas 1500 hektar ini diharapkan dapat tanam setelah panen Februari mendatang.

Ia juga berharap dengan adanya program bantuan itu diharapkan akan terjadi peningkatan indeks penanaman padi di Teluk Piyai menjadi Indeks Pertanaman (IP) 200.

"Selama ini kita cuma satu kali tanam, yakni IP 100. Kita berharap kedepan IPnya menjadi 20," kata Muslim, Rabu.

Disamping tanaman padi, sambung dia juga akan dilaksanakan kegiatan perluasan areal tanam areal tanam kedelai 212 hektare dan jagung 100 hektare.

"Selain itu di Kecamatan Kubu Babussalam tepatnya di Kepenghuluan Panji-panji juga dialokasikan kegiatan padi melalui sistem jarwo seluas 500 hektare," ujar Muslim.

Kepala Distanak Provinsi Riau Drh Ar Patrianov bersama Komandan Distrik Militer (Dandim) 0321 Rohil Bambang Sugisworo saat melakukan kunjungan ke areal pertanian padi di Kepenghuluan Teluk Piyai, Kecamatan Kubu menyebutkan, akan segera membawa tim provinsi untuk melakukan evaluasi dan penilaian terhadap jaringan irigasi diwilayah tersebut. 

"Kita berharap bisa dilakukan secepatnya dalam minggu ini," katanya, Selasa Kemarin. 
(Adv)
 
 
Oleh Dedi Dahmudi