Ini 5 Makanan yang hanya ada di Indonesia

id ini 5, makanan yang, hanya ada, di indonesia

Ini 5 Makanan yang hanya ada di Indonesia

Jakarta, (Antarariau.com) - Terdiri dari ribuan pulau dan ratusan suku, tentu membuat Indonesia kaya akan budaya. Tak hanya kesenian, kulinernya pun ada beraneka ragam. Berikut adalah lima makanan unik hanya dapat ditemui di Indonedia.

1. Bothok Tawon

Pada dasarnya ini sama dengan jenis bothok lainnya. Hanya saja, bothok tersebut berbahan dasar tawon atau lebah. Rasanya campur-campur, ada pedas, manis dan asam segar. Anda masih bisa menemui bothok tawon ini di daerah Jawa Timur.

2. Babanci

Babanci adalah makanan khas Betawi. Bahannya terdiri dari kepala sapi yang dagingnya diambil dan dimasak dengan kuah santan, lalu ditambahkan aneka rempah-rempah. Makanan ini sebenarnya mirip dengan gulai. Enaknya disantap dengan ketupat. Sayangnya, Babanci sudah jarang ditemui.

3. Kapurung

Makanan ini menyerupai bubur sagu. Hanya saja, bentumnya bulat dengan tambahan sayuran dan seafood. Hidangan asal Makassar ini menggunakan bumbu seperti asam papikala atau kecombrang.

4. Peyek Laron

Di wilayah pulau Jawa, camilan ini mungkin sudah tidak asing lagi. Jika Ada laron mereka malah sengaja menampungnya dalam sebuah baskom yang berisi air. Lalu, laron yang ada dijadikan bahan dasar peyek.

5. Ulat Sagu

Ini merupakan makanan khas asal Papua dan Nusa Tenggara Barat (NTB). Biasanya, ulat sagu ini dimakan mentah-mentah sebagai jamu dan obat kuat. Ulat sagu biasa ditemui pada pohon sagu yang sudah mati, ada juga di pohon kelapa yang telah mati.