Bogor, (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum Kota Bogor, Jawa Barat, berencana untuk membuat laporan penyelenggaraan pemilu yang berisi data "/>

Sering Didatangi Orang Asing, KPU Bogor Laporan dengan Bahasa Inggris

Bogor, (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum Kota Bogor, Jawa Barat, berencana untuk membuat laporan penyelenggaraan pemilu yang berisi data pemilih maupun tahapan pemilihan serta dokumentasi dalam versi Bahasa Inggris.        

"Laporan berbahasa inggris ini untuk mengakomodir kunjungan tamu-tamu luar negeri yang datang ke KPU Kota Bogor," kata Ketua KPU Kota Bogor Undang Suriatna kepada Antara di Bogor, Kamis.        

Ia mengatakan inisiatif untuk membuat laporan pemilu dalam versi Bahasa Inggris muncul setelah KPU Nepal berkunjung ke KPU Kota Bogor untuk keperluan penelitian dan kajian tentang pelaksanaan pemilu di Indonesia, salah satunya di Kota Bogor.        

"Mereka sempat meminta data kepemiluan di KPU Kota Bogor baik soft copy maupun hardcopy dalam versi Bahasa Inggri, tapi kami tidak memilikinya," katanya.        

Menurutnya, pembuatan laporan versi Bahasa Inggris bisa menjadi inovasi baru KPU Kota Bogor dalam keterbukaan informasi publik, tidak hanya untuk masyarakat lokal tetapi juga masyarakat internasional.        

"Karena KPU Kota Bogor cukup sering dikunjungi tamu-tamu dari luar negeri, 2016 ini ada KPU Nepal. Tahun 2015 lalu kami menerima kunjungan dua negara yakni Pakar Kepemiluan dari Irlandia, dan KPU Korea Selatan," katanya.        

Undang mengatakan, laporan versi Bahasa Inggris khusus untuk buku laporan yang diterbitkan oleh KPU Kota Bogor yang berisi informasi profil KPU, atau profil badan legislatif, kepala daerah yang terpilih pada pemilihan umum yang telah diselenggarakan oleh KPU.        "Seperti kunjungan KPU Nepal, kami memberikan data profile anggota DPRD Kota Bogor yang terpilih untuk periode 2014-2019, yang diterbitkan oleh KPU," kata Undang.        

Undang menambahkan, di tahun 2014, KPU Kota Bogor menerima sejumlah penghargaan baik di tingkat provinsi maupun nasional. Dua penghargaan tingkat nasional di peroleh dari KPU Award 2014 untuk kategori transparansi informasi dan akses pemilu.