BPBD Bengkalis Siagakan Petugas 24 Jam Pantau Karhutla

Bengkalis, (Antarariau.com)- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, siaga penuh memantau tempat rawan kebakaran lahan dan hutan di daerah itu.
    
Kabid damkar, suiswantoro menyebutkan, memasuki musim kemarau panjang yang terjadi di Kabupaten Bengkalis saat ini menuntut para petugas untuk siaga penuh 24 jam, dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat hingga tingkat desa.
    
“Guna mencegah musibah kebakaran, kita dari Damkar siaga 24 jam, dan bersama masyarakat terutama kelompok Masyarakat Peduli Api (MPA), kita terus pantau kondisi hutan dan lahan yang ada di Kabupaten Bengkalis," kata Kabid Damkar, Suiswantoro, Kamis.
    
Ia mengatakan, pihaknya sudah menginstruksikan kepada Pemerintah Desa, untuk segera melakukan tindakan secara cepat dan tepat terkait kebakaran yang ada di suatu tempat.
    
Menurut dia, kondisi cuaca panas beserta angin yang saat ini terjadi di daerah itu mudah memicu kebakaran lahan dan hutan.
    
“Kita harapkan kepada seluruh masyarakat untuk sama-sama meningkatkan kewaspadaan, lebih baik mencegah sebelum terjadi, karena kalau sudah terjadi kebakaran maka akan dengan cepat merebak kemana-mana," ujarnya.
    
Ia menjelaskan, dalam melakukan pemadaman, masyarakat peduli api  saat ini sudah mendapatkan bantuan mesin pemadam portable yang bisa di bawa kemana-mana.
    
Masyarakat peduli api di desa- desa lanjutnya lagi, hendaknya sudah menyediakan sumur atau tempat pengambilan air bila di beberapa titik rawan karhutka bila sewaktu- waktu terjadi kebakaran.
    
Hal itu katanya, akan memudahkan proses pemadaman nantinya sehingga petugas tidak repot mencari sumber air.