Bengkalis, (Antarariau.com)- Sebanyak 51 atlit putra dan putri dari Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau yang mewakili 13 Cabang Olahraga "/>

51 Atlet Bengkalis dari 13 Cabor Lolos ke PON Jabar

Bengkalis, (Antarariau.com)- Sebanyak 51 atlit putra dan putri dari Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau yang mewakili 13 Cabang Olahraga (Cabor) lolos ke PON XIX di Tanah Parahiyangan Provinsi Jawa Barat yang akan berlangsung pada Bulan September tahun 2016 mendatang.
     
Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi KONI Kabupaten Bengkalis, Ahmad Sumadi dalam keterangannya di Bengkalis menyampaikan, Atlit yang dinyatakan lolos PON itu setelah melalui seleksi atau pertandingan di Pra PON, kejurnas ataupun Pekan Olahraga Wilayah  (PORWIL).
     
"Totalnya ada 51 atlit yang dinyatakan lolos ke PON Jabar tahun ini, mereka berasal dari 13 cabor setelah melewati kejurnas, Pra PON dan PORWIl IX di Provinsi Bangka Belitung,” katanya di Bengkalis, Kamis.
      
Ia mengatakan,  dari ke 13 cabor tersebut, cabor Anggar merupakan yang terbanyak menyumbang atlit ke PON Jawa Barat yaitu dengan 12 atlit putra-putri.
     
Kemudian atletik dengan meloloskan 7 atlit, sepak takraw 5 atlit putri, panjat tebing dengan 5 atlit, muaythai 5 atlit, kempo dan renang masing-masing meloloskan 4 atlit, sedangkan cabor pencak silat, catur dan layar menghantarkan 2 atlit ke PON Jawa Barat serta cabor tenis meja, volley pantai dan panahan masing-masing meloloskan 1 atlit.
     
Sementara itu, ketua komite olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bengkalis, Syaukani mengaku bangga atas prestasi yang diukir atlit-atlit asal Bengkalis ini.
     
Terlebih lagi, hampir seluruh atlit yang lolos PON merupakan anak daerah atau putra dan putri Kabupaten Bengkalis yang dibina melalui Pengkab masing-masing.
     
"Tentu saja kita menggantungkan harapan yang sebesar-besarnya kepada 51 atlit tersebut untuk dapat mengukir prestasi maksimal di Jawa Barat nantinya. tentu saja mereka dituntut mampu mempersembahkan medali kepada Provinsi Riau, khususnya Bengkalis," ujar Syaukani lagi.
     
Ia menjelaskan seluruh atlit yang sudah lolos PON akan terus melaksanakan latihan rutin dibawah Pengprov masing-masing, serta pengawasan dari Pengurus Kabupaten dan KONI Bengkalis akan melakukan monitoring terkait kesiapan atlit-atlit tersebut sebelum berlaga di ajang bergengsi PON XIX Jabar.
(adv)