Baru Jadi Ketua Fraksi, Setya Novanto Bongkar Susunan AKD Golkar

id baru jadi, ketua fraksi, setya novanto, bongkar susunan, akd golkar

Baru Jadi Ketua Fraksi, Setya Novanto Bongkar Susunan AKD Golkar

Jakarta (Antarariau.com) - Ketua Fraksi Partai Golkar di DPR, Setya Novanto, merombak seluruh komposisi pimpinan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yang berasal dari fraksinya.

Perombakan itu berdasarkan surat FPG yang beredar di kalangan wartawan di Jakarta pada Kamis, dengan Nomor SJ.00 708/FPG/DPRRI/I/2016, mengenai penetapan susunan dan keanggotaan fraksi dalam Alat Kelengkapan Dewan dari FPG.

Perombakan itu terjadi hampir di setiap AKD, seperti Wakil Ketua Komisi I dari Tantowi Yahya digantikan Meutya Viada Hafid. Sementara itu Tantowi menggantikan Meutya sebagai Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP).

Bambang Soesatyo dari Sekretaris Fraksi menjadi Ketua Komisi III, bertukar posisi dengan Aziz Syamsuddin.

Fadel Muhammad dari Ketua Komisi XI bergeser menjadi Wakil Ketua Komisi VII menggantikan Satya W Yudha. Sementara itu Posisi Fadel di Komisi XI digantikan Ahmadi Noor Supit yang sebelumnya Ketua Badan Anggaran DPR (Banggar)

Posisi Ketua Banggar dari Ahmadi Noor Supit digantikan Kahar Muzakir yang sebelumnya Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD).

Wakil Ketua Komisi X Ridwan Hisyam digantikan oleh Ferdiansyah, sementara Budi Supriyanto digeser dari Komisi V ke Komisi X.

Anggota MKD dari Golkar semuanya diganti seperti Kahar Muzakir, Ridwan Bae, dan Adies Kadir digantikan Lili Asdjudiredja, Saiful Bahri Ruray, dan Ahmad Zacky Siradj.

John Kenedy Aziz dari Komisi III digeser ke Komisi IX, Ade Komaruddin dari Komisi XI digeser ke Komisi IX, Muhammad Misbakhun digeser dari Komisi XI ke Komisi II.

Airlangga Hartarto dari komisi VI digeser ke Komisi XI, Agus Gumiwang dari Komisi VIII juga digeser ke Komisi XI.