Kenali Ciri Anak Autis Sejak Dini, Jangan Sampai Terlambat

Jakarta, Antarariau.com - Sampai saat ini penyebab dari autisme belum diketahui secara pasti. Daripada memikirkan masalah penyebabnya, lebih penting Anda tahu ciri-ciri anak autis agar penanganannya bisa maksimal.

Autisme adalah kelainan perkembangan sistem saraf pada seseorang. Autisme pun bisa dideteksi pada bayi sejak usia enam bulan.‎ Prof. Dr Hardiono D Pusponegoro, SpA(K) , Spesialis Neurologi Anak, ciri autisme harus dikenali oleh para orangtua sedini mungkin untuk dapat penanganan lebih lanjut.

"‎Harus curiga kalau anak umur enam bulan dipanggil enggak nengok. Itu udah mesti periksa sama dokter. Kalau 10 bulan enggak bisa nunjuk, kalau 16 bulan enggak ada kata-kata yang jelas harus diperiksa," ujar Hardiono kepada GoHitz di Jakarta.

Hardiono menambahkan, "Udah enggak zamannya nunggu sampai dua tahun. Itu pesan pertama saya."

Pemilik Klinik Anakku itu, mengakui bahwa sampai sekarang dunia kedokteran belum menemukan penyebab pasti dari autisme. Menurutnya, yang terpenting bagi penyandang autis harus didiagnosis dengan cepat.

"Banyak saran kayak pakai ini-itu, tapi enggak ada bukti ilmiahnya, itu sangat merugikan buat anak. Menurut saya, yang penting itu, autis harus didiagnosis cepat. Anak ini mesti diperiksa kekurangannya apa dan yang bisa menolong cuma terapi," terang dia.

loading...