Suyatno: Hormati Masyarakat Tionghoa yang Akan Merayakan Imlek

id suyatno hormati, masyarakat tionghoa, yang akan, merayakan imlek

Suyatno: Hormati Masyarakat Tionghoa yang Akan Merayakan Imlek

Rokan Hilir, (Antarariau.com) - Seluruh elemen masyarakat Kabupaten Rokan Hilir diminta untuk menghormati warga tionghoa yang akan melaksanakan Tahun Baru Imlek 2567 pada Senin 8 Februari mendatang.

"Sebentar lagi masyarakat tionghoa akan merayakan Imlek, bagi umat lain diminta untuk menghormati dan tetap menjaga kerukunan," kata Bupati Rohil H. Suyatno, Minggu.

Apalagi, sambung dia, di Bagansiapiapi merupakan daerah yang nantinya akan menjadi pusat acara dan meriah setiap tahunnya.

"Kita dari Pemkab tiap tahun biasa diundang. Tentu saja kita menghormati dan mudah-mudahan kerukunan bisa tetap terjalin dengan baik," harap Bupati.

Orang nomor satu di Rokan Hilir itu juga menghimbau bagi masyarakat tionghoa yang merayakan Imlek, terutama saat menghidupkan kembang api jangan sampai membuat orang lain terganggu.

"Tapi saya yakin setiap tahun selalu aman dan tertib, masyarakat yang lain juga menghormati dan kadang malah ikut menyaksikan hiburan yang dibuat oleh masyarakat tionghoa," jelasnya.

‎Satu minggu menjelang perayaan Imlek, lampu lampion pun mulai dipasang masyarakat tionghoa Bagansiapiapi untuk memeriahkan Tahun Baru Imlek 2567, terutama disepanjang Jalan Perdagangan dan Jalan Perniagaan.

Di Indonesia tahun baru Imlek ditetapkan sebagai hari libur nasional berdasarkan Keppres No 19/2002 dan mulai dirayakan sebagai hari libur nasional sejak tahun 2003.

Selain di Indonesia, tahun baru Imlek juga merupakan hari libur nasional di Brunei, Filipina, Korea, Malaysia, Singapura, Tiongkok, Vietnam dan Thailand.

(adv)

Oleh Dedi Dahmudi